Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

10 Daftar Buah untuk Diabetes Aman Dikonsumsi

buah untuk diabetes

Buah memang makanan yang menyehatkan dan baik untuk tubuh, tetapi tahukah kamu kalau tidak semua buah baik untuk penderita diabetes. Berikut ini Gogomall jabarkan untuk Anda.

Anda mungkin pernah mendengar kalau penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi buah. Secara alami buah memiliki karbohidrat dan fluktosa (gula alami) yang dapat menaikkan kadar gula darah di tubuh Anda.

Akan tetapi, buah banyak mengandung vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia yang dapat mencegah seseorang terserang penyakit jantung, stroke dan kanker. Ini sangat penting mengingat penyakit diabetes berkaitan dengan penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Apakah Benar Penyakit Diabetes Dapat Menular

Dr-Laser

Buah untuk Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Karena buah mengandung karbohidrat dan dapat meningkatkan kadar gula darah, maka penting untuk menghitung jumlah karbohidrat yang di konsumsi.

Selain itu beberapa buah juga memiliki tinggi serat yang bermanfaat untuk pencernaan serta dapat menurunkan gula darah. Disamping itu mengkonsumsi buah cukup mengenyangkan, ini baik untuk menjaga berat badan.

Buah untuk diabetes tentu yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Berikut ini diantaranya:

1. Strawberry

buah strawberry

Buah untuk diabetes yang pertama adalah strawberry, alasannya karena strawberry buah yang rendah kalori. Buah ini bisa digunakan untuk menjaga berat badan Anda, sehingga menurunkan gula darah secara alami dan membantu menurunkan risiko komplikasi diabetes.

Strawberry juga kaya akan serat, dimana kandungan ini dapat membantu penderita diabetes untuk memperlambat penyerapan gula.

Selain itu menurut penelitian dari American Diabetes Association, kandungan vitamin C pada buah strawberry membantu mengurangi lonjakan gula darah serta mengurangi risiko terkena diabetes tipe-2.

Akan tetapi perlu diketahui untuk menghindari mengkonsumsi olahan buah strawberry, seperti kue strawberry, jus, dan makanan penutup yang terbuat dari strawberry lainnya. Karena itu berdampak buruk untuk penderita diabetes.

2. Jeruk

buah jeruk

Ada beberapa kesalahpahaman umum bahwa buah-buahan seperti jeruk buruk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Faktanya, jeruk bisa menjadi alternatif untuk diet sehat Anda, dengan catatan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi jeruk.

Jeruk termasuk buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Tetapi jika di konsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar gula Anda.

Buah jeruk kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti serat, vitamin dan antioksidan yang diperlukan untuk tubuh. Juka di makan dengan porsi yang sedang, jeruk baik sebagai buah untuk diabetes.

Baca Juga: Apa Saja Makanan Penyebab Stroke dan Makanan Pencegah Stroke

3. Kiwi

buah kiwi

Buah kiwi dapat Anda masukkan menjadi daftar salah satu buah untuk diet diabetes Anda. Kiwi memiliki indeks glikemik rendah dan berperan memperlambat peleburan gula darah atau glukosan didalam darah.

Kiwi dapat membantu memecah kandungan gula dari makanan lain. Buah ini juga kaya akan serat yang dibutuhkan oleh saluran pencernaan.

Buah untuk diabetes, kiwi bisa dikonsumsi langsung atau dibuat salad yang dicampur dengan buah lainnya, ditambah dengan yogurt yang rendah lemak.

Anda juga bisa menambahkan potongan kiwi di oatmeal untuk sarapan Anda. Namun Anda perlu berhati-hati apabila memiliki alergi terhadap kiwi atau sedang menjalani operasi dalam waktu dekat.

4. Apel

buah apel

Dalam kandungan apel terdapat jenis gula yang berbeda dari makanan yang diberi tambahan gula. Sebagian besar gula di dalam apel itu berbentuk fruktosa alami, yang memberi efek berbeda pada tubuh dibandingkan gula pada umumnya.

Fruktosa pada apel juga berbeda dengan gula yang ada pada kemasan makanan seperti cokelat dan biskuit.

Buah apel memiliki skor indeks glikemik sekitar 36, ini termasuk rendah dan membuatnya cocok sebagai buah untuk diabetes dalam jumlah konsumsi sedang.

5. Ceri

buah ceri

Penderita diabetes penting menjaga kadar gula darahnya agar tidak terjadi pelonjakan, dengan cara memantau asupan karbohidrat yang di konsumsi.

Ceri bisa menjadi pilihan sebagai buah untuk diabetes. Berdasarkan dari kematangan buah ceri yang manis segar memiliki skor indeks glikemik sekitar 62, ini termasuk sedang. Untuk indeks glikemik ceri asam segar mempunyai skor 22, ini termasuk rendah. Jadi, mengkonsumsi setengah cangkir ceri seharusnya bukan masalah serius bagi kebanyakan pasien diabetes.

Karena ukuran buah ini sangat kecil Anda harus berhati-hati memakannya, karena bisa membuat Anda lupa diri saat memakannya. Di anjurkan untuk mengkonsumsi 14 butir buah ceri dalam sehari, ini setara dengan mengkonsumsi 2 kiwi dan 7 strawberry.

6. Pir

buah pir

Buah untuk diabetes selanjutnya adalah pir. Buah yang sering kita temui ini terdapat banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral.

Disamping rasanya yang lezat, buah pir ternyata berdampak bagus pada penderita diabetes dengan tidak berlebihan tentunya. Manfaat nutrisi yang terkandung didalamnya dapat membantu mengelola diet sehat yang Anda jalankan.

Buah pir memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak meningkatkan glukosa atau gula darah Anda dengan cepat. Pir aman di konsumsi dengan tetap memperhatikan porsi karbohidrat yang di makan.

Manfaat dari buah pir mampu melawan peradangan, membatu masalah pencernaan dan berfungsi sebagai antihiperglikemik.

Baca Juga: Manfaat Dr Laser untuk Penderita Diabetes

7. Persik

buah persik

Buah persik sama seperti buah yang lainnya, memiliki kandungan karbohidrat dan juga nutrisi yang menyehatkan.

Penderita diabetes bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat, akan tetapi harus di perhatikan porsi aman untuk tubuh penderita.

Satu buah persik mengandung 15 gram karbohidrat, sehingga cocok di konsumsi sebagai cemilan untuk penderita diabetes.

Buah persik merupakan sumber potassium yang tinggi serta rendah lemak, kaya serat, vitamin A, C dan lainnya.

Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara disajikan menjadi jus, dengan tidak menambah pemanis atau bisa dicampur dengan buah lainnya.

8. Alpukat

buah alpukat

Selain baik untuk kesehatan jantung, alpukat juga bisa di jadikan buah untuk diabetes karena bermanfaat bagi penderita diabetes tipe-2. Kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalam alpukat dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam tubuh.

Orang dengan diabetes tipe-2, dapat menambahkan alpukat sebagai diet sehat untuk membantu menurunkan berat badan, kolesterol, dan merangsang sensitivitas insulin.

Mengkonsumsi alpukat sebagai buah untuk diabetes cukup mudah, Anda bisa langsung menkonsumsinya atau di jadikan salad dengan dicampur berbagai macam buah lainnya yang memiliki indeks glikemik rendah.

9. Mangga

buah mangga

Buah yang aman untuk diabetes selanjutnya adalah mangga. Buah yang di juluki sebagai “raja buah” ini menyimpan banyak manfaatnya bagi tubuh.

Karena mangga mengandung gula alami banyak yang berpendapat kalau buah ini tidak aman untuk penderita diabetes, sehingga tidak memasukkan buah ini kedalam daftar menu makanan mereka.

Indeks glikemik (GI) buah mangga adalah 51, secara klasifikasi termasuk makanan yang GI rendah. Walaupun mengandung gula alami yang dapat meningkatkan kadar gula darah, buah mangga juga kaya akan serat dan antioksidan yang bermanfaat untuk meminimalisir dampak gula darah dan mengurangi stress.

Sementara itu kandungan serat berfungsi untuk memperlambat penyerapan gula darah. Ini membantu Anda untuk mengontrol masuknya karbohidrat dan menstabilkan kandungan kadar gula darah dalam tubuh.

10. Aprikot

buah aprikot

Sebagian besar aprikot termasuk dalam makanan indeks glikemik rendah. Indeks glikemik buah aprikot berbeda-beda tergantung dari penyajiannya.

Aprikot mentah memiliki GI 34, ini termasuk rendah. Sedangkan aprikot kalengan memiliki GI 51, ini termasuk sedang. Yang terakhir aprikot kering yang memiliki GI 30, lebih rendah dari aprikot mentah.

Telah dipelajari bahwa mengkonsumsi aprikot kering yang di kombinasikan dengan kacang berpotensi mengurangi sensitivitas glikemik postprandial, ini dianggap baik di gunakan sebagai cemilan buah untuk diabetes.

Buah yang Harus di Hindari Untuk Diabetes

Bagi penderita diabetes harus menghindari buah yang memiliki indeks glikemik tinggi, diantaranya:

  • Melon
  • Nanas
  • Pepaya
  • Semangka

Kesimpulan

Buah untuk diabetes sebaiknya harus memiliki indeks glikemik yang rendah, karena tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah untuk penderita diabetes.

Untuk penyajiannya bisa di makan langsung atau di jadikan jus, akan tetapi jangan menambahkan gula didalamnya, biarkan manis alami dari buah menjadi gula buatan.

Sebelum menkonsumsi makanan, selalu memperhatikan kandungan karbohidrat harian Anda, guna membantu menjaga berat badan dan mengontrol kadar gula darah Anda.

Atau Anda bisa menggunakan Dr Laser sebagai alternafit menurunkan kadar gula atau glukosa Anda. Dr Laser dengan pancaran Sinar Low Level Laser, mampu mengubah gula darah menjadi energi dengan cara merangsang sel mitokondria untuk bekerja lebih aktif lagi.

Pada umumnya penderita diabetes mudah lemas dan ngantuk, dapat lebih berenergi kembali serta mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Untuk informasi lengkap mengenai Dr Laser bisa klik banner dibawah ini.

Baca Juga: Waspada, Kenali Ciri-Ciri Diabetes Sejak Awal

Dr-Laser

Referensi:

Masters Maria. Best Fruit For Diabetes. Diakses pada 21 September 2021. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-fruits-for-diabetes/

Pagan Neo Camille. Fruit Diabetes. Diakses pada 21 September 2021. https://www.webmd.com/diabetes/fruit-diabetes

Healthline. Is It OK for People with Diabetes to Eat Strawberry. Diakses pada 21 September 2021. https://www.healthline.com/health/diabetes/is-it-ok-for-people-with-diabetes-to-eat-strawberries

Healthline. Can You Eat Oranges If You Have Diabetes? Diakses pada 21 September 2021. https://www.healthline.com/nutrition/are-oranges-good-for-diabetics

Healthline. Cherries dor Diabetes: Should They Be Part of Your Diet? Diakses pada 21 September 2021. https://www.healthline.com/health/cherries-diabetes

Healthline. Can People with Diabetes Eat Pears? Diakses pada 21 September 2021. https://www.healthline.com/health/diabetes/pears-diabetes

Healthline. The Benefits and Risks of Avocados for People with Diabetes. Diakses pada 21 September 2021. https://www.healthline.com/health/avocado-and-diabetes

Healthline. Can People with Diabetes Eat Mango? Diakses pada 21 September 2021. https://www.healthline.com/nutrition/mango-is-good-for-diabetes

Capital Birla Aditya. Kiwi Fruit for Diabetes. Diakses pada 21 September 2021. https://www.adityabirlacapital.com/healthinsurance/active-together/2020/11/06/all-you-need-to-know-about-the-benefits-of-kiwi-against-diabetes/

Medical New Today. Are Apples Good for Diabetes? Diakses pada 21 September 2021. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321882

Carrera Long Amy. Can Diabetes Eat Peaches? Diakses pada 21 September 2021. https://www.livestrong.com/article/460522-can-diabetics-eat-peaches/

Food Struct. Apricot Glycemic Index (GI). Diakses pada 21 September 2021. https://foodstruct.com/food/apricot

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp