8 Ciri-Ciri Gagal Ginjal Yang Tidak Disadari

Ginjal merupakan salah satu organ yang berfungsi cukup vital bagi tubuh, yaitu menyaring darah, memisahkan limbah yang beracun, dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, ginjal bertugas untuk memproduksi hormon dan enzim yang mampu mengendalikan tekanan darah, membuat sel darah merah, dan menjaga tulang tetap kuat.

Ketika seseorang mengalami gagal ginjal, artinya ginjalnya kehilangan kemampuan untuk menyaring kotoran, mengontrol kadar air dalam tubuh, dan mengendalikan tekanan darah. Terdapat dua  jenis gagal ginjal yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.  Gagal ginjal akut biasanya disebabkan oleh sesuatu yang bisa merusak ginjal, seperti dehidrasi, kehilangan banyak darah ketika operasi besar atau cedera, obstruksi saluran kemih atau akibat konsumsi obat-obatan tertentu. Sedangkan gagal ginjal kronis umumnya disebabkan oleh kondisi jangka panjang, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi) atau diabetes. Kedua kondisi tersebut secara perlahan merusak ginjal dan mengurangi fungsi organ tersebut dari waktu ke waktu.

Ciri-ciri awal gagal ginjal mungkin sering tidak disadari, tetapi ada saat kondisi ini terjadi, racun dan cairan berbahaya terkumpul di dalam tubuh dan memicu masalah kesehatan. Jadi, apa saja ciri-ciri awal dari gagal ginjal? Informasi selengkapnya baca di sini!

 


Ciri-ciri Penyakit Gagal Ginjal

Ciri Gagal Ginjal - Mudah Lelah

1 Kelelahan

Orang yang menderita penyakit ginjal umumnya mengalami kelelahan yang berlebihan, kehabisan energi, dan kesulitan berkonsentrasi. Ginjal memiliki fungsi vital dalam menyaring racun dalam darah dan membuangnya melalui urin. Jika ginjal tidak bekerja dengan baik, racun dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah. Hal ini dapat menyebabkan anemia pada penderita, yang akan memperparah rasa lelah yang dirasakan.

 

Ciri Gagal Ginjal - kulit kering gatal

2 Kulit Gatal dan Kering

Jika ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dari darah secara optimal, racun tersebut akan menumpuk di dalam aliran darah. Seiring waktu, ginjal tidak lagi dapat menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyakit tulang dan mineral, yang dapat memicu kulit menjadi kering dan gatal pada penderita. 

 

Ciri Gagal Ginjal - Urin berbusa

3 Urin Berbuih (Berbusa)

Jika seseorang mengalami kencing berbuih, hal tersebut bisa menjadi tanda adanya kelebihan protein dalam urin yang disebut albumin. Kondisi ini biasanya terjadi karena kerusakan pada filter ginjal yang disebut glomeruli. Pada kasus tersebut, protein dalam darah dapat bocor ke urin, menyebabkan urin menjadi berbuih. 

 

Ciri Gagal Ginjal - Urin berdarah

4 Urin Berdarah

Fungsi utama ginjal adalah menyaring limbah dari darah dan memprosesnya menjadi urin. Ketika ginjal mengalami penurunan fungsi, prosedur penting ini juga terganggu, dan darah dapat ikut bercampur dengan urin.

 

Ciri Gagal Ginjal - Kaki bengkak

5 Pembengkakan Di Area Kaki

Ketika fungsi ginjal menurun, ginjal tidak dapat membuang natrium dengan baik, sehingga menyebabkan retensi natrium dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh dan memicu pembengkakan pada area kaki.

 

Ciri Gagal Ginjal - kesulitan bernapas

6 Kesulitan Bernapas

Ginjal berperan penting dalam produksi hormon eritropoietin, yang memberi sinyal pada tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Namun, pada penderita penyakit ginjal, produksi hormon eritropoietin dapat terganggu, sehingga tubuh tidak dapat membentuk sel darah merah dengan cukup. Hal ini dapat menyebabkan anemia pada penderita, yang ditandai dengan rasa lelah yang berlebihan dan kesulitan bernapas.

 

Ciri Gagal Ginjal - kelopak mata bengkak

7 Kelopak Mata Bengkak

Ciri-ciri gagal ginjal berikutnya adalah bengkak pada area kelopak mata. Gangguan pada fungsi ginjal dapat menyebabkan bocornya protein dalam darah, sehingga cairan menumpuk dan menyebabkan pembengkakan pada berbagai bagian tubuh, termasuk area kelopak mata.

 

Ciri Gagal Ginjal - kram otot

8 Kram Otot

Ginjal memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, termasuk keseimbangan kalium dan magnesium. Kadar kalium dan magnesium yang tidak seimbang dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kram dan kelemahan otot serta aritmia jantung. Selain itu, gagal ginjal juga dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah, yang dapat memicu terjadinya kristalisasi asam urat di dalam persendian dan menyebabkan nyeri dan kram pada otot.

Baca juga : Waspada! Kenali 5 Ciri-Ciri Darah Tinggi

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Karena berpeluang tinggi untuk mengalami kerusakan permanen, maka kesehatan ginjal perlu dijaga agar tidak rusak dan terkena penyakit-penyakit yang dapat berujung pada gagal ginjal. Untuk mencegah gagal ginjal, Anda dapat melakukan beberapa upaya berikut ini:

 

Cegah gagal ginjal - Minum air putih

1 Minum Cukup Air Putih

Minum cukup air putih membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu ginjal untuk berfungsi dengan baik. Disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih per hari.

 

Cegah gagal ginjal - makan sehat

2 Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Menerapkan pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat, sayuran, buah-buahan, dan protein nabati dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak, gula, dan garam.

 

Cegah gagal ginjal - mengurangi alkohol dan rokok

3 Mengurangi Konsumsi Alkohol dan Rokok

Rokok mengandung bahan kimia yang dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga mengurangi aliran darah ke ginjal. Sementara itu, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan menyebabkan tekanan darah tinggi yang dapat merusak pembuluh darah di ginjal.

 

Cegah gagal ginjal - pakai Dr Laser

4 Menggunakan Dr Laser

Bukan hanya menjalankan pola hidup sehat, gagal ginjal juga bisa dibantu dicegah dengan memanfaatkan terapi kesehatan menggunakan Dr Laser. Dengan teknologi low level laser, pancaran sinar laser mampu memperbaiki kualitas darah. Caranya adalah dengan menghambat agregasi trombosit, mengaktifkan fibrinolisis, dan meningkatkan produksi nitric oxide. Artinya ketika digunakan secara rutin, sinar laser ini bisa membantu mencegah kekentalan darah dan menguraikan gumpalan darah, serta membantu melenturkan pembuluh darah. Hasilnya, aliran darah kita akan lebih lancar dan tekanan darah menjadi stabil. Sesuai dengan yang sudah diutarakan di atas, salah satu fungsi ginjal adalah untuk bisa menyaring darah. Dalam proses ini ginjal memerlukan tekanan begitu juga dengan aliran darah yang stabil. Nah, dengan kualitas darah yang lebih baik dan tekanan darah normal, menurunkan risiko terkena gagal ginjal.


Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas dan memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi dan diabetes, segera konsultasikan ke dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Atau Ingin berkonsultasi mengenai keluhan kesehatan dan mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Dr Laser silakan klik banner berikut ya!

Banner Dr Laser

 

Add to cart