Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Kesehatan, Tips Sehat

Apakah Benar Penyakit Diabetes Dapat Menular?

apakah penyakit diabetes menular

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau kurangnya insulin didalam tubuh. Lalu apakah penyakit diabetes menular? Banyak sekali orang menanyai di google mengenai diabetes, seperti “diabetes menular lewat apa saja?”, “apakah diabetes bisa menular ke orang lain?” Kali ini Gogomall akan membantu menjawab pertanyaan kalian, simak sampai selesai.

Memang diabetes merupakan penyakit yang dapat mengancam jiwa. Bagaimana tidak, menurut data Federasi Diabetes Internasional (IDF) Atlas para tahun 2017 lalu menyebutkan bahwa di Indonesia penyandang diabetes mencapai 10,3 juta. Waw, itu merupakan jumlah yang sangat banyak.

Dengan jumlah penyandang diabetes sebanyak itu Indonesia berada di peringkat 6 dunia dibawah Amerika.

Apakah Penyakit Diabetes Menular Mitos/Fakta?

Penyakit diabetes bukan merupakan penyakit yang menular, Anda tidak akan tertular diabetes ketika bersentuhan, berhubungan badan, menggunakan alat makan bersama, bahkan berenang dengan penderita diabetes. Jadi, pertanyaan apakah penyakit diabetes menular merupakan mitos belaka.

Tetapi faktanya, penyakit diabetes dapat diturun kan. Apabila suatu keluarga memiliki riwayat diabetes, maka anak-anaknya meningkatkan risiko terkena diabetes lebih besar.

Tidak hanya faktor keturunan, berikut ini beberapa faktor risiko penyakit diabetes:

  • Usia. Seiring bertambahnya usia dapat meningkatkan risiko diabetes. Ini mungkin di karenakan kurangnya olahraga, kehilangan massa otot atau bertambahnya berat badan seiring bertambah usia.
  • Berat Badan. Orang dengan obesitas sudah pasti memiliki jaringan lemak yang banyak. Hal ini membuat semakin resisten sel terhadap insulin.
  • Virus. Orang yang terpapar virus memiliki risiko meningkatkan diabetes atau penyakit komplikasi berbahaya lainnya, terutama pada sekarang ini sedang dilanda virus corona.
  • Tidak Aktif. Orang yang kesehariannya jarang aktif bergerak seperti, duduk seharian didepan komputer, bermalas-malasan, ternyata dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.
  • Gaya Hidup. Pola hidup yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko, mulai dari pola makan, tidak olahraga, merokok, dan minum alkohol.

Apakah Penyakit Diabetes Itu Penyakit Serius?

Diabetes dapat menyebabkan komplikasi serius seperi stroke, jantung, hipertensi dan gagal ginjal apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Orang yang didiagnosa menderita diabetes jenis apapun, itu berarti kadar glukosa (gula) darah cukup tinggi, dan perlu konsultasi dan rencara perawatan untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal atau lebih terjaga.

Berapa Kadar Gula Darah yang Sehat?

Menurut American Diabetes Association, glukosa (gula) darah normal berkisar antara 70 hingga 90 mg/dL, walaupun orang dengan kadar glukosa 120 mg/dL juga masih dibilang normal.

Apa Pencegahan yang Harus Dilakukan?

Walaupun diabetes tidak menular, akan tetapi sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan diabetes. Anda tetap memiliki risiko terkena diabetes seperti yang dijelaskan sebelumnya. Berikut ini pencegahannya:

  • Konsumsi makanan sehat. Jika Anda di diagnosis diabetes, hindari mengkonsumsi makanan berkalori tinggi, lemak tinggi, dan memiliki kadar gula yang tinggi. Untuk seterusnya pilihlah makanan yang rendah lemak, rendah kalori, serta memiliki serat tinggi. konsumsi juga buah dan sayur-sayuran untuk variasi supaya tidak bosan.
  • Menurunkan berat badan yang berlebih. Jaga berat badan Anda dengan mengkonsumsi makanan sehat yang rendah lemak dan berolahraga.
  • Berhenti merokok. Rokok dapat menyebabkan resisten insulin, dengan begitu Anda meningkatkan diabetes tipe 2. Dengan berhenti merokok, Anda sudah menurunkan risiko terkena diabetes.
  • Olahraga yang teratur. Mulai sekarang luangkan waktu 30 menit dalam seminggu untuk olahraga fisik seperti lari, jalan, bersepeda atau angkat beban. Dengan berolahraga mampu menjaga berat badan dan menurunkan kadar glukosa (gula) darah.
dr laser
Konsultasi & Pemesanan

Pentingnya meningkatkan kualitas darah untuk menurunkan gula darah dan menghindari komplikasi dari penyakit diabetes. Dr Laser terbukti mampu meningkatkan kualitas darah Anda, menurunkan gula darah, dan mengubah gula tersebut menjadi energi. Sudah banyak jurnal dan testimoni yang menggunakan Dr Laser.

Untuk konsultasi dan pemesanan bisa klik banner diatas.

Baca Juga: Waspada, Kenali Ciri-Ciri Diabetes Sejak Awal

Referensi:

Mayo Clinic. Di akses 1 September 2021. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/symptoms-causes/syc-20371444

Share Care. Di akses 1 September 2021. https://www.sharecare.com/health/diabetes/is-diabetes-contagious

Share Care. Di akses 1 September 2021. https://www.sharecare.com/health/diabetes/is-diabetes-serious

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp