Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Apakah Benar Terapi Air Hangat Sembuhkan Stroke?

terapi air hangat sembuhkan stroke

Apakah benar terapi air hangat sembuhkan stroke? perlu di ingat bahwa sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan stroke. akan tetapi pasien stroke bisa pulih dan beraktifitas kembali dengan normal.

Untuk membuat pasien stroke pulih kembali, cara yang tepat dengan memperbaiki kualitas darah. Ada beberapa cara untuk membantu memperbaikinya, salah satunya seperti olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan melakukan terapi. Lalu bisakah terapi air hangat sembuhkan stroke?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pastikan Anda menyimak artikel ini sampai selesai.

Benarkah Terapi Air Hangat Sembuhkan Stroke

terapi air hangat sembuhkan stroke 02

Mandi air hangat memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya menghilangkan stres dan membantu melancarkan aliran darah. Terapi air hangat untuk sembuhkan stroke pernyataan yang kurang tepat, seperti dijelaskan diatas bahwa stroke tidak dapat disembuhkan, tetapi dengan terapi air hangat dapat membantu penderita stroke untuk pulih.

Hidroterapi atau dikenal dengan terapi air merupakan jenis terapi dengan latihan fisik di dalam kolam air hangat. Segala aktivitas di dalam kolam bermanfaat untuk membantu pemulihan pasien stroke untuk menggerakkan tangan, berbicara lebih lancar dan merasakan hidupnya kembali.

Terapi air hangat tidak hanya untuk pemulihan, tetapi sering digunakan untuk pencegahan. Mengutip dari Healthline, menurut penelitian yang dilakukan terhadap orang yang memiliki kebiasaan mandi air hangat setiap hari, dapat menurunkan risiko penyakit jantung 28 persen dan stroke 26 persen. Resiko dapat diturunkan lagi sampai 35 persen ketika mandi menggunakan air panas.

Selain terapi air hangat sembuhkan stroke, berikut ini beberapa manfaat lainnya:

  • Menurunkan gula darah dan kalori.
  • Membuat tidur lebih cepat.
  • Kulit menjadi lebih bersih dan sehat.
  • Meredakan sakit kepala dan flu.
  • Meregangkan otot yang kaku.

Baca Juga: Gerakan Terapi Stroke Seperti Apa? Berikut Contohnya

Jenis Terapi Pemulihan Pasien Stroke

terapi air hangat sembuhkan stroke 03

Selain terapi air hangat sembuhkan stroke, ada beberapa jenis terapi perawatan untuk membantu pemulihan stroke. Jenis terapi memang berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama untuk membantu pemulihan pasien supaya dapat beraktivitas kembali.

Pemulihan stroke memang tidak mudah, karena bisa memerlukan waktu yang panjang atau bahkan seumur hidup. Oleh sebab itu peran keluarga sangat penting untuk memberi dukungan semangat dan membantu pemulihan, agar pasien tidak merasa sendirian dan stress.

Berikut ini jenis terapi stroke berdasarkan keterampilan yang hilang.

  • Terapi Fisik, berfokus membantu pemulihan pasien dalam berjalan, duduk, berdiri, dan aktivitas sehari-hari.
  • Terapi Psikolog, terapi ini bertujuan mempengaruhi fungsi otak dan emosional pasien. Karena kebanyakan pasien stroke mengalami depresi dan tekanan emosional yang meningkat. Dengan bantuan terapi psikolog diharapkan dapat membantu pasien meningkatkan kesehatan emosional untuk menjalankan proses perawatan.
  • Terapi Patologi Bicara, terapi ini di harapkan dapat mengembalikan kemampuan fungsi mulut, seperti menelan, mengunyah, serta berkomunikasi. Sebelum melakukan terapi, ahli patologi bicara akan melihat sejauh mana pasien kehilangan kemampuan, barulah dipilih metode pelatihan apa yang sesuai untuk pasien.
  • Terapi Dr Laser, terapi ini berfokus memperbaiki kualitas darah. Stroke bisa terjadi karena adanya sumbatan di otak yang mengakibatkan otak kekurangan suplai darah. Sumbatan tersebut disebabkan oleh adanya gumpalan darah (trombus). Sinar low level laser dari Dr Laser dapat menguraikan trombus tersebut dan mencegah terbentuknya kembali. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan fungsi otak dapat kembali bekerja, pemulihan stroke pun jadi lebih cepat.

Kesimpulan

Seperti dijelaskan sebelumnya pernyataan terapi air hangat sembuhkan stroke itu kurang tepat, lebih tepatnya terapi air hangat dapat membantu pemulihan pasien stroke untuk beraktivitas, serta mencegah penyakit jantung dan stroke berulang.

Selain terapi air hangat, ada beberapa jenis terapi yang bisa dilakukan untuk membantu pemulihan stroke. Contohnya terapi Dr Laser, dengan 10 titik mata laser yang dapat menjangkau pembuluh darah, menstimulus fibrinolisis, dan menguraikan trombus yang menjadi pemicu serangan stroke.

Tidak hanya untuk stroke, Dr Laser juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah, menurunkan kadar kolesterol, darah tinggi dan memberikan tidur yang berkualitas.

Itulah penjelasan singkat mengenai terapi air hangat sembuhkan stroke dan jenis terapi lainnya. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Dr Laser bisa klik banner dibawah ini.

Baca Juga: Gejala Stroke Ringan Seperti Apa Ini Penjelasan Transient Ischemic Attack TIA

Referensi:

Healthline. Hot Baths May Reduce Your Risk for Heart Disease, Stroke. Diakses pada 2 Desember 2021. https://www.healthline.com/health-news/hot-baths-reduce-risk-of-heart-disease-stroke

BMJ Jurnal. Habitual Tub Bathing and Risk of Incident Coronary Heart Disease and Stroke. Diakses pada 2 Desember 2021. https://heart.bmj.com/content/106/10/732

Hydroworx. Stroke Aquatic Therapy. Diakses pada 2 Desember 2021. https://www.hydroworx.com/research-education/additional-resources/stroke-aquatic-therapy/

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp