Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Apakah Kriteria Dari Makanan yang Sehat Untuk Kesehatan Tubuh

apakah kriteria dari makanan yang sehat

Apakah kriteria dari makanan yang sehat? Tubuh membutuhkan makanan sehat supaya kesehatan terjaga serta untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Makanan sehat merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Berikut ini kriteria makanan sehat versi Gogomall.

Apakah Kriteria Dari Makanan yang Sehat Untuk Tubuh

Makan berbagai buah-buahan. Minum susu rendah lemak atau bebas lemak. Makan beragam sayuran, dalam sehari minimal 3 porsi.

Makanlah roti gandum yang berserat tinggi dan sereal. Untuk menghilangkan atau mengurangi karbohidrat olahan.

Pilihlah sumber protein rendah lemak seperti kacang-kacangan, telur, unggas tanpa kulit, daging tanpa lemak, makanan laut dan biji-bijian.

Kurangi asupan garam atau natrium setiap hari. Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans sebanyak mungkin.

Batasi makanan cepat saji yang mengandung tepung putih halus, lemak padat, tambahan gula dan tinggi sodium.

Gunakan minyak nabati sebagai pengganti lemak padat. Batasi minuman soda dan tambahan gula lain yang tinggi kalori.

Baca Juga: Daftar Menu Makanan Sehat, Rahasia Umur Panjang

smartchef

– Tujuan Untuk Kesehatan

Setelah memahami apakah kriteria dari makanan yang sehat, saatnya memahami tujuan. Belajar untuk mengelola stres dengan makan sehat dan keterampilan mengatasi yang baik.

Aktivitas secara fisik setiap hari. Lakukan aktivitas setidaknya 15 menit sehari selama 6 hari seminggu.

– Mempertahankan Untuk Berat Badan yang Sehat

Makanan sehat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk aktif secara fisik.

– Membangun Pola Makan yang Sehat dan Seimbang

Setelah mengetahui tujuan dan apakah kriteria dari makanan yang sehat, kini pahami membangun pola makan yang sehat.

– Pilih Biji-Bijian Utuh

Memilih dengan biji-bijian utuh memiliki efek lebih ringan pada gula darah dan insulin daripada nasi putih roti putih dan lainnya.

– Makanan Dengan Sayur dan Buah-Buahan

Hal ini bertujuan untuk melengkapi variasi karena sangat penting dalam kebutuhan tubuh. Perlu diingat bahwa kentang bukan termasuk sayuran pada piring makanan sehat. Karena kentang memiliki dampak negatif pada gula darah.

– Minyak Nabati yang Sehat

Pilih minyak nabati yang sehat seperti jagung, zaitun, kacang tanah, bunga matahari, dan kedelai. Hindari minyak terhidrogenasi parsial yang mengandung lemak trans tidak sehat. Ingat bahwa rendah lemah bukan berarti sehat.

– Kekuatan Protein

Kacang-kacangan dan ikan merupakan sumber protein yang sehat dan serbaguna. Sumber protein bisa dicampur ke dalam salad dan dipadukan dengan sayur lain. Batasi daging merah serta daging olahan seperti sosis dan bacon.

Baca Juga: Cara Memasak Nasi Merah yang Enak Anti Gagal!

Apakah Kriteria dari Makanan yang Sehat? Berikut Ini Tips Makan Sehat

apakah kriteria dari makanan yang sehat - 2

– Mengandung Karbohidrat Tepung yang Tinggi

Karbohidrat tepung harus lebih dari sepertiga makanan yang dimakan. Seperti roti, nasi, kentang, pasta, dan sereal. Pilihlah jenis gandum atau serat yang utuh.

Karena kandungan yang terdapat dalam gandum dan serat lebih banyak daripada karbohidrat bertepung putih atau halus.

Makanlah satu makanan bertepung dengan makanan utama. Banyak orang berpikir makanan bertepung menggemukkan, justru gram demi gram karbohidrat pada kandungannya menyediakan kurang dari setengah kalori lemak.

Pastikan Anda memperhatikan lemak saat menambahkan suatu masakan atau menyajikan jenis makanan untuk meningkatkan kandungan kalori.

– Perbanyak Makan Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik, mengandung banyak mineral, dan vitamin. Usahakan untuk makan 2 porsi ikan dalam seminggu, termasuk 1 porsi ikan berminyak. Ikan berminyak memiliki kandungan lemak omega-3 yang tinggi serta bisa mencegah penyakit jantung.

Anda bisa memilih dari yang kalengan, beku, dan segar. Tetapi selalu ingat bahwa ikan asap dan kalengan mengandung banyak garam.

– Kurangi Lemak Jenuh

Anda membutuhkan sedikit lemak saat diet, tetapi sangat penting untuk memperhatikan jenis dan jumlah lemak yang Anda konsumsi. Terdapat dua jenis lemak, yakni lemak jenuh serta tak jenuh. Jika Anda terlalu banyak lemak jenuh, bisa meningkatkan jumlah kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Rata-rata pria tidak boleh mempunyai 30 gram lemak jenuh lebih dalam sehari. Lalu wanita tidak boleh memiliki lebih dari 20 gram lemak jenuh dalam sehari. Untuk anak-anak di bawah 11 tahun harus memiliki sedikit lemak jenuh daripada orang biasa. Diet rendah lemak untuk anak-anak di bawah 5 tahun pun tidaklah cocok.

Coba untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak tak jenuh Anda bisa menggantinya dengan ikan berminyak, minyak sayur, dan alpukat.

– Konsumsi Banyak Sayuran dan Buah

Dianjurkan untuk makan 5 porsi berbagai buah dan sayur setiap hari. Bisa dalam bentuk segar, kalengan, beku, kering, atau dijus. Porsi buah dan sayur segar, beku, atau kalengan adalah 80 gram. Untuk porsi bersih buah kering adalah 30 gram.

Jus sayuran, buah, atau smoothie sebanyak segelas 150 ml termasuk seporsi. Tetapi perlu diingat batas jumlahnya tidak lebih dari 1 gelas sehari karena minuman yang manis bisa merusak gigi.

– Jangan Lewatkan Sarapan

Beberapa orang seringkali melewatkan sarapan karena berpikiran hal itu akan menurunkan berat badan. Tapi sarapan sehat itu rendah lemak. Lalu tinggi serat gula dan garam menjadi bagian dari diet seimbang. Bahkan membantu mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan untuk kesehatan.

Sereal dan gandum rendah gula dipadukan dengan susu serta irisan buah merupakan sarapan lezat yang menyehatkan.

– Perbanyak Minum

Anda membutuhkan banyak cairan untuk hindari dehidrasi. Semua minuman non alkohol bisa menghindari dehidrasi. Akan tetapi air, minuman rendah gula, susu rendah lemak, kopi, dan teh termasuk pilihan yang paling sehat.

Usahakan untuk menghindari minuman bersoda dan manis karena mengandung kalori yang tinggi. Bahkan smoothie dan jus buah mengandung gula bebas yang tinggi tanpa campuran pemanis.

Anda tidak boleh minum jus buah, smoothie dan jus sayuran lebih dari 150 ml sehari. Ingatlah untuk meminum lebih banyak cairan saat berolahraga dan cuaca panas.

Setelah membahas apakah kriteria dari makanan yang sehat, Anda hanya perlu melaksanakannya agar terhindar dari berbagai macam penyakit kronis seperti, diabetes, jantung dan stroke.

Menjaga makanan sehat saja belum cukup untuk menurunkan risiko terserang penyakit kronis, bila perlu gunakan Smartchef untuk membuat makanan Anda bebas dari gula. Karena Smartchef mampu menurunkan kadar gula yang ada di nasi hingga 54.4%.

Untuk informasi lengkapnya silahkan klik banner dibawah ini.

Baca Juga: Ini 11 Makanan untuk Penderita Diabetes, Catat Daftarnya

smartchef

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp