Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Bakso? Ini Jawabannya

penderita diabetes boleh makan bakso

Apakah penderita diabetes boleh makan bakso? Untuk mengetahuinya simak penjelasan Gogomall sampai selesai. Bakso, siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini? Yups, terbuat dari daging ayam ataupun sapi yang dicampur dengan tepung tapioka, lalu dibentuk menjadi bulatan-bulatan kenyal.

Wah, siapa yang tidak tergiur dengan bakso tersebut? Namun, ternyata tidak semua orang boleh memakan bakso loh. Ya, kandungan lemak dan karbohidrat pada olahan bakso tidak baik untuk kesehatan penderita diabetes. Lalu, apakah si penderita diabetes boleh makan bakso?

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Bakso? Inilah Faktanya

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan naiknya kadar gula darah di dalam tubuh kita. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti riwayat keturunan, berat badan berlebih (obesitas), serta kadar gula yang tidak normal. Oleh sebab itu penderita diabetes tidak boleh asal dalam memilih makanan, termasuk mengkonsumsi bakso.

Hal ini disebabkan karena kita tidak pernah tau berapa kadar lemak dan gula yang ada pada daging bakso yang kita makan. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita menghindari makanan tersebut dan memilih makan makanan pengganti.

Alasan Mengapa Bakso Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Saat menderita diabetes, kamu hanya boleh mengkonsumsi makanan yang kadar gulanya maksimal 5 gram perhari dan juga hanya 6-110 kalori perharinya. Lalu berapa kandungan kalori dan lemak yang ada pada bakso, hingga tidak boleh dikonsumsi untuk penderita diabetes?

Nah, 1 butir bakso bisa jadi mengandung 218 kalori, 60% lemak, 15% karbohidrat, dan 25% protein. Wah, padahal batasan kalori untuk penderita diabetes hanya 6-110 perharinya. Wajar saja jika penderita diabetes tidak diperbolehkan mengkonsumsi bakso.

Baca Juga: Ini 11 Makanan untuk Penderita Diabetes, Catat Daftarnya

Dr-Laser

Beberapa Makanan Alternatif Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Jika kamu sudah tahu bahayanya mengkonsumsi bakso bagi penderita diabetes, sebaiknya mulai saat ini kamu coba memilih makanan alternatif yang aman untuk dikonsumsi. Eits, jangan khawatir kita ada solusinya kok. Berikut beberapa makanan alternatif yang bisa dikonsumsi penderita diabetes:

Daging rendah lemak

Nah, siapa bilang penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi daging? Pilihan daging rendah lemak berikut bisa jadi makanan alternatif yang boleh dikonsumsi penderita diabetes. Yups, ada daging kalkun dan juga daging dada ayam tanpa kulit. Keduanya memiliki kadar lemak dan kalori yang sesuai dengan batasan konsumsi. Daging rendah lemak ini boleh dikonsumsi sebab hanya memiliki kadar lemak 1 gram dan 35 kalori perporsinya.

Daging tanpa lemak

Pilihan daging selanjutnya yaitu daging tanpa lemak. Jenis daging tanpa lemak ini ada pada daging sapi, seperti potongan sirloin, flank steak, tenderloin, dan juga chipped beef.

Selain itu daging bebek dan daging hewan-hewan liar, seperti daging rusa, daging kelinci, dan juga burung. Selain daging-daging tersebut, penderita dianjurkan tidak mengkonsumsi daging lainnya yang berlemak.

Ikan

ikan - penderita diabetes boleh makan bakso-02

Selain daging, penderita diabetes juga masih bisa mengkonsumsi olahan ikan. Ya, olahan ikan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama dua kali dalam seminggu. Namun, tidak sembarang ikan boleh dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Hanya ikan tinggi asam lemak omega 3 seperti salmon, tuna albacore, sarden, mackerel, haddock, dan juga flounder. Hewan laut selain ikan juga boleh kamu konsumsi seperti kepiting, lobster, udang, keram, dang yang terakhir tiram.

Makanan nabati

Salah satu makanan alternatif selanjutnya yaitu makanan yang mengandung lemak nabati. Makanan ini banyak sekali macamnya dan juga sangat mudah untuk ditemui. Seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

Oh iya, sekarang ini juga ada pilihan makanan tiruan untuk para vegan dan vegetarian. Makanan ini berupa daging tiruan yang dibuat menggunakan olahan berbahan nabati. Wah, sangat kreatif ya.

Ubi jalar

jenis tumbuhan ubi jalar, salah satu makanan yang bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes karena dapat mengendalikan kadar gula darah. Ubi jalar memiliki kandungan nilai indeks glikemik yang lebih sedikit daripada kentang, yaitu hanya sekitar 44 saja.

Selain itu, ada kandungan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Nah, ubi jalar ini bisa kamu nikmati dengan banyak cara seperti direbus, dipanggang, ataupun ditumbuk.

Yogurt probiotik

yogurt - penderita diabetes boleh makan bakso-03

Penderita diabetes boleh makan bakso? Hm, lebih baik pikirkan kembali kesehatanmu ya. Daripada pusing-pusing karena tidak boleh memakan bakso, ada makanan pengganti yang lebih menyegarkan loh. Yups, yogurt probiotik yang mengandung bakteri baik dan berguna untuk membantu sistem pencernaan serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Nah, karena banyaknya varian yogurt yang tersedia di pasaran. Sebaiknya kamu memilih varian yogurt plain atau yogurt tawar untuk penderita diabetes. Hindari varian yogurt dengan pilihan rasa, karena mengandung kadar gula yang cukup banyak.

Kayu manis

Selain digunakan untuk rempah-rempah, kayu manis juga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Kandungan kumarin yang ada pada kayu manis dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan kepekaan tubuh si penderita terhadap insulin. Dengan begitu, gula darah dalam tubuhmu akan diolah menjadi energi yang lebih baik.

Selain itu, kayu manis juga dapat menghambat enzim dalam pencernaan yang dapat memecah karbohidrat di dalam usus. Tetapi ingat, jangan mengkonsumsi kayu manis secara berlebihan ya. Tetap sesuaikan pada kebutuhanmu saja.

Jagung

Sama halnya dengan ubi jalar, jagung juga memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa jagung juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, kandungan serat dan pati yang kompleks membuat jagung membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Karena itulah kadar gula darah dalam tubuh tidak akan cepat naik setelah memakan jagung. Oh iya, jagung juga membikin perut kamu kenyang lebih lama loh.

Sayuran non-pati

sayuran - penderita diabetes boleh makan bakso-01

Meskipun sayuran sehat untuk kesehatan tubuh, namun penderita diabetes tidak boleh asal dalam mengkonsumsi sayuran. Ada banyak sayuran yang mengandung karbohidrat tinggi, namun banyak pula sayuran non-pati yang bagus untuk mengatasi diabetes. Seperti brokoli, sawi, bayam, dan juga kubis.

Sayuran tersebut dianjurkan untuk dikonsumsi sekitar 250 gram setiap harinya. Kandungan dalam sayuran non-pati itulah yang membantu melindungi penglihatanmu akibat komplikasi pada penderita diabetes.

Mie shirataki

Makanan pengganti selanjutnya yaitu mie shirataki. Jika kebanyakan mie berasal dari tepung yang mengandung karbohidrat tinggi. Tetapi tidak untuk mie shirataki, mie ini 97% mengandung air dan serat.

Jadi sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Serat yang ada pada mie shirataki ini merupakan serat glucomannan yang bisa digunakan sebagai penurun kadar gula darah. Wajar jika mie shirataki ini dijadikan sebagai pengganti nasi.

Biji chia

Mungkin kamu masih asing dengan biji chia ini. Ya, kamu dapat menemukannya dalam beberapa masakan seperti salad, smoothies, dan juga yogurt. Biji chia ini memiliki kandungan serat yang dapat membantu menurunkan gula darah serta membuat kamu kenyang lebih lama.

Oke, jadi apakah penderita diabetes boleh makan bakso? Jawabannya boleh, jika bakso tersebut kamu olah dari bahan-bahan yang rendah lemak dan tidak membahayakan diabetes mu. Tapi akan lebih baiknya jika kamu menghindari makanan tersebut.

Untuk membantu menurunkan dan menjaga kadar gula, Anda bisa menggunakan Dr Laser. Sejak tahun 2012 Dr Laser sudah banyak memberikan manfaat pada penggunanya. Dengan menggunakan teknologi sinar Low Level Laser mampu mengubah kolesterol dan gula darah yang berlebih menjadi energi.

Untuk informasi lebih lengkap bisa klik banner dibawah ini.

Baca Juga: 10 Daftar Buah Untuk Diabetes Aman Dikonsumsi

Dr-Laser

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp