Cara Terapi Stroke di Rumah, Termudah Untuk Dilakukan

Cara terapi stroke di rumah dengan mudah

Diluar sana ada banyak sekali cara untuk melakukan terapi bagi para penderita stroke. Tetapi banyak penderita stroke yang memiliki kendala pada biaya dan waktu untuk melakukan pengobotan untuk penyakit stroke mereka. Dengan itu melakukan terapi stroke di rumah merupakan salah satu solusi untuk para penderita stroke yang terhalang dengan biaya dan waktu.

Bagaimana kita semua tahu, stroke terjadi saat sel saraf otak manusia terjadi kerusakan. Hal tersebut membuat kemampuan motorik manusia menjadi sangat terbatas, bahkan jika sudah parah kemampuan motorik tersebut dapat hilang secara permanen.

Untuk mencegah terjadinya kehilangan kemampuan motorik secara permanen, sangat dianjurkan pasien melakukan terapi secara rutin. Berikut cara termudah untuk melakukan terapi stroke di rumah:

1. Melakukan Terapi Stroke Pembelajaran Motorik di rumah.

Terapi stroke dengan cara pembelajaran motorik adalah sebuah cara untuk melatih kemampuan otak untuk merespon sesuatu. Hal ini dilakukan agar penderita stroke dapat bergerak pada aktivitas sehari-hari dengan pola pergerakan yang normal. Atau bisa dikatakan, cara ini adalah cara untuk melatih tubuh mengingat gerakan yang biasa sehari-hari dilakukan.

Terapi ini dilakukan secara rutin agar otak dapat merekam dan melakukan gerakan tersebut secara otomatis saat merespon sesuatu. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan suatu gerakan secara berulang-ulang atau dengan sifat repetitif agar otak dapat mempelajari dan mengingat pola gerakan tersebut.

Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam terapi pembelajaran motorik adalah melakukan metode feedback atau umpan balik. Hal ini ditujukan agar tubuh dapat lebih mudah mengingat gerakan yang dilakukan dengan cara memberikan respon terhadap umpan yang diberikan secara eksternal.

Berlatih gerakan dasar seperti menelan atau mengunyah merupakan hal yang sangat penting. Pemberian motivasi oleh orang terdekat dapat sangat mendukung latihan gerakan pembelajaran motorik di rumah.

2. Terapi Bicara Untuk Penderita Stroke

Para penderita penyakit stroke mengalami kekurangan kemampuan untuk berbicara. Hal ini disebabkan karena bagian otak yang mengatur dan memberitahu caranya berbicara & menelan terganggu. Ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan dirumah untuk mengembalikan kemampuan berbicara mereka.

a. Mengajak Berbicara

Hal yang paling mudah dan termasuk terapi strok yang dapat dilakukan dirumah adalah mengajak pasien untuk berbicara. Dengan mengajak mereka berbicara, hal itu memaksa mereka untuk melatih otot bicara mereka. Anda harus melakukan hal ini dengan rutin dan sabar. Lakukan hal ini dengan sering agar pasien dapat mendapatkan kemampuan berbicara mereka kembali.

b. Membantu Proses Makan Pasien

Menyuapi atau membantu pasien saat makan dapat membantu mengembaikan kemampuan menelan pasien. Harus diperhatikan saat pasien makan untuk memposisikan badan lebig tegap agar tidak tersedak dan dapat membahayakan pasien. Berikanlah makanan yang mudah untuk dikonsumsi seperti bubur agar pasien lebih mudah untuk menelan.

3. Terapi Stroke Untuk Mengembalikan Memori

Untuk membantu agar memori pasien kembali membaik, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan dirumah. Beberapa hal ini sangat disarankan untuk dilakukan guna mempercepat proses perbaikan memori pasien yang rusak akibat stroke.

a. Memasang Reminder

Hal yang dapat dilakukan adalah memasang notes atau reminder pada ruangan yang berkaitan terhadap aktivitas tersebut. Contohnya menaruh reminder dengan tulisan “jangan lupa gosok gigi” pada cermin di kamar mandi. Letakan pada posisi yang mudah untuk dilihat oleh para pasien.

b. Meletakan Barang Ditempat Yang Berhubungan dengan Aktivitas Tersebut

Kamu bisa meletakan piyama pada tempat tidur, agar saat pasien melihat itu dapat memanggil memori mereka terhadap aktivitas tidur. Selalu kondisikan hal seperti ini pada ruang tidur pasien penderita stroke. Buat beberapa hal yang dapat memancing memori mereka mengingat suatu aktivitas akibat melihat suatu barang pada tempat tertentu.

4. Terapi Bergerak

image from freepik.com

Sama seperti terapi pembelajaran motorik, terapi bergerak berfungsi untuk mengembalikan kemampuan bergerak pasien. Ada satu hal yang paling mudah untuk dilakukan untuk membantu mengembalikan kemampuan bergerak pasien.

a. Membantu Pasien Bergerak

Hal termudah yang dapat kamu lakukan adalah selalu membantu pasien saat bergerak. Jangan biarkan pasien hanya duduk diam saat berada di rumah. Ajaklah berkeliling rumah sembari membantu mereka bergerak. Hal ini sangat direkomendasikan untuk selalu dilakukan saat melakukan terapi stroke di rumah.

5. Mengonsumsi Obat Obatan

Selalu ingatkan pasien untuk mengonsumsi obat-obatan yang dapat membantu proses terapi di rumah. Obat yang biasanya diberikan bagi para penderita stroke adalah obat pengencer darah, aspirin, dan coumadin. Konsultasikan kepada dokter yang ahli dalam penyakit stroke agar pasien diberikan obat yang terbaik untuk membantu proses penyembuhan penyakit stroke.

6. Menggunakan Alat Bantu Terapi Stroke

Salah satu yang bisa mempercepat proses penyembuhan stroke adalah menggunakan bantuan teknologi. Ada banyak pilihan alat terapi stroke yang tersebar diluar sana. Tetapi pastikan alat terapi stroke tersebut sudah terbukt membantu memulihkan penyakit para penderita stroke dan sudah terdaftar secara resmi. Salah satu alat yang sudah terbukti membantu proses penyembuhan penyakit stroke dan sangat direkomendasikan banyak orang adalah dr laser.

Dr laser menggunakan teknologi laser yang sangat efektif berguna mengatasi masalah pengentalan darah. Dr laser sudah terdaftar resmi oleh pemerintah dan sudah banyak testimoni para penderita stroke yang terbantu dengan dr laser. Kamu bisa cek dan mempelajari lebih lanjut tentang dr laser di halaman ini https://gogomall.co.id/jamlaser/.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *