Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Daftar Menu Makanan Sehat, Rahasia Umur Panjang

menu makanan sehat

Menu makanan sehat ini perlu kamu ketahui untuk tetap sehat, terhindar dari berbagai penyakit, dan umur lebih panjang. Punya hidup yang sehat adalah idaman banyak orang, betul? Tapi seiring berjalannya waktu dan semakin tua seseorang, tak banyak yang mampu mempertahankan kesehatannya.

Padahal kunci hidup sehat ini sederhana. Tapi coba tanyakan pada diri kamu sendiri. Sudahkah kamu konsumsi makanan sehat setiap hari? Tak usah jauh-jauh, mari ingat makanan yang kamu lahap hari ini. Tadi pagi makan apa?

Lalu siang makan apa dan nanti malam ingin makan apa? Apakah satu dari tiga makanan yang kamu konsumsi adalah makanan sehat? Jika iya, bagus! Tapi jika tidak, belum terlambat untuk mulai mengubah pola makananmu.

Oleh karena itu, kali ini Gogomall ingin berbagi jenis menu makanan sehat agar kamu punya umur panjang dan senantiasa sehat selalu. Bahkan di akhir tulisan, Gogomall juga punya solusi terbaik untuk memasak makanan yang lebih sehat untuk kamu dan keluarga. Jadi simak artikel ini sampai habis, ya!

Daftar Menu Makanan Sehat

1. Oatmeal dengan kacang-kacangan

menu makanan sehat-05

Kalau biasanya kamu sarapannya nasi uduk, coba perlahan-lahan tinggalkan kebiasaan ini. Alasannya karena nasi uduk punya kandungan karbohidrat tinggi yang bisa meningkatkan risiko diabetes. Sebetulnya makan nasi “gak dosa” lho, ya. Tapi sebaiknya batasi jumlah konsumsinya.

Sebagai penggantinya, kamu bisa mulai sarapan oatmeal dengan kacang-kacangan, sebab oatmeal memiliki serat yang tinggi dan kacang-kacangan mengandung protein dan lemak sehat, sehingga makanan ini dapat menyehatkan jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

2. Salad sayur

menu makanan sehat-04

Selain bikinnya praktis, salad sayur punya kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan. Bahan salad sayur yang bisa kamu pilih antara lain, selada segar, jagung, kacang edamame, ayam panggang, dan jangan lupa tambahkan saus di atasnya.

Persiapannya tak sampai setengah jam dan kamu bisa menikmati menu makanan sehat yang baik untuk kamu dan seluruh anggota keluarga!

3. Gado-gado

menu makanan sehat-02

Nah kalau ingin yang rasanya nusantara banget, coba hidangkan gado-gado untuk keluargamu. Kurang lebih sama seperti salad sayur, tapi bedanya kamu perlu rebus dulu sayurannya, lalu tambahkan saus kacang yang gurih dan nikmat.

Tapi agar terhindar dari jumlah kalori terlalu tinggi, sebaiknya kontrol jumlah bumbu kacang yang dikonsumsi. Saat dihidangkan nanti, pisahkan sayurannya dengan bumbu kacang. Selain untuk membatasi saus kacang per porsi, cara ini juga membuat gado-gado tetap segar dan tidak cepat basi.

Baca Juga: Bukan Magic Com Biasa. Masak Dengan Ini, Kadar Gula Nasi Turun 54,4%!

smartchef

4. Ikan laut bakar

Menu makanan sehat (3)

Apa jenis ikan laut kesukaanmu? Ikan kakap, bandeng, bawal, hingga tongkol, apakah kamu suka? Ternyata jenis ikan ini sangat bergizi dan mengandung asam lemak omega-3 dan yodium. Dilansir dari Halodoc, ternyata sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang suka konsumsi ikan laut, memiliki risiko lebih rendah untuk terserang berbagai penyakit dan berumur lebih panjang.

5. Ayam panggang

Menu makanan sehat (2)

Hidup sehat bukan berarti gak bisa menikmati makanan lezat. Tetap bisa, kok. Asalkan porsinya tidak berlebihan. Contohnya ayam panggang. Siapa yang tak suka makanan favorit seribu umat ini? Selain banyak yang suka, ternyata ayam adalah sumber protein tinggi tanpa banyak lemak jenuh kalau kamu pilih ayam bagian dada.

Panggang hingga matang sepenuhnya, tambahkan garam, bawang putih, lada, dan paprika bubuk. Tinggal hidangkan dengan sayuran segar seperti selada dan mentimun, lalu ayam panggang siap disantap bersama keluarga tersayang!

6. Ayam kukus dan sayuran

menu makanan sehat-06

Selain dipanggang, ayam kukus juga sehat dan bernutrisi. Kuncinya adalah, jangan masukkan MSG dan gunakan garam secukupnya saja. Supaya rasanya tetap kaya, kamu perlu menambahkan minyak zaitun extra virgin, lemon, dan daun basil cincang.

Setelah ayam kukus matang, sajikan dengan sayuran segar seperti brokoli, dan jangan lupa tambahkan nasi hangat. Dijamin keluarga akan suka menu makanan sehat yang satu ini!

7. Fruit platter

menu makanan sehat-03

Kalau lagi kumpul keluarga, biasanya camilan apa yang sering dihidangkan? Supaya tetap sehat, coba sajikan Fruit Platter berisi buah-buahan segar dan lezat. Seperti apel, jeruk, pisang, strawberry, kiwi, mangga, buah naga, dan lain sebagainya.

Buah-buahan ini memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk tubuh yang lebih sehat. Buah-buahan tersebut juga bisa di jadikan cemilan sebagai buah untuk diabetes.

8. Nasi rendah karbo/gula

Menu makanan sehat (1)

Coba ngaku siapa yang mau hidup sehat, tapi sekali makan nasi bisa sampai 3 porsi! Jangan, ya! Kebiasaan ini harus diberhentikan. Tapi kamu gak serta-merta harus berhenti konsumsi nasi. Sebab kini kamu bisa tetap makan nasi yang sehat tapi rendah karbo/gula.

Caranya adalah dengan masak nasi menggunakan Smartchef. Smartchef adalah teknologi canggih yang bisa menurunkan kadar karbo atau gula pada nasi hingga 54.4%! Penurunan karbonya sudah dibuktikan melalui hasil tes uji lab yang bisa kamu lihat selengkapnya melalui website Smartchef.

Kadar karbonya sudah turun, artinya mengkonsumsi 1 porsi nasi dengan Smartchef sama dengan ½ porsi nasi biasa. Sehingga tubuh lebih sehat dan bisa terhindar atau cocok untuk penderita diabetes dan obesitas.

Selain untuk masak nasi rendah karbo/gula, Smartchef juga multifungsi, lho. Kamu bisa mengolah berbagai masakan seperti ayam tulang lunak dengan fitur presto, sop iga yang sehat dan bernutrisi dengan fitur slow cooker, dan berbagai jenis masakan lainnya. Tentu lebih sehat, cepat, praktis, dan mudah!

Baca Juga: Ini 11 Makanan untuk Penderita Diabetes, Catat Daftarnya

smartchef

Itulah beberapa menu makanan sehat yang bisa kamu sajikan untuk keluarga tercinta. Jaga kesehatan sejak dini, supaya terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, serta hidup bahagia dan berumur panjang!

Referensi:

Makanan Sehat, diakses pada 12 Oktober 2021.

10 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan, diakses pada 12 Oktober 2021.

Jumlah Kalori Gado-gado dan Cara Mengontrolnya, Perlu Diketahui, diakses pada 12 Oktober 2021.

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp