Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Gejala Stroke Ringan Seperti Apa? Ini Penjelasan Transient Ischemic Attack (TIA)

gejala stroke ringan seperti apa

Gejala stroke ringan seperti apa merupakan salah satu pertanyaan seputar stroke yang paling sering ditanyakan. Sebab hingga saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui seperti apa gejala-gejala stroke dan bagaimana harus menanganinya.

Belum lagi ditambah maraknya mitos stroke yang beredar, pasti bikin kamu tambah bingung dan pusing tujuh keliling, kan? Mana yang harus dipercaya? Salah satunya tentang stroke sesaat. Pernah dengar kalau stroke sesaat itu adalah hal yang wajar dan tidak perlu melakukan apapun?

Wah, itu informasi yang keliru, lho! Padahal, jika mengalami stroke sesaat, itu bisa dikatakan “bonus”, karena seseorang itu sudah mendapat “pertanda” yang bisa selamatkan hidup. Kok bisa? Biar tidak bingung, mari sama-sama kita baca ulasan tentang stroke sesaat berikut ini!

Secara medis, serangan stroke sesaat ini dikenal dengan nama Transient Ischemic Attack (TIA) atau yang dikenal juga sebagai stroke ringan. Hal ini terjadi saat darah berhenti mengalir ke otak, karena terjadinya penyumbatan pada aliran darah.

Stroke ringan umumnya berlangsung dalam beberapa menit hingga beberapa jam. Karena hanya sebentar, banyak yang beranggapan kalau serangan ini tidak berbahaya.

Baca Juga: Apa Saja Mitos Stroke yang Berkembang di Masyarakat

Dr-Laser

Gejala Stroke Ringan Seperti Apa?

Gejala Stroke Ringan Seperti Apa-02

Pasien stroke akan mengalami gejala SEGERA KE RS dalam sesaat. Gejala-gejala tersebut antara lain:

  • SEnyum tidak simetris: Jika kamu atau orang di sekitarmu tiba-tiba bibirnya sulit digerakkan, coba minta dia tersenyum. Kalau senyumnya memang tidak simetris, bisa jadi ini orang tersebut mengalami serangan stroke.
  • GErakan sebagian tubuh melemah: Serangan stroke ini terjadi secara tiba-tiba. Saat terjadi, sebagian tubuh akan terasa lemah. Bagian yang melemah bisa saja di tangan atau kaki, sebelah kanan atau kiri.
  • BerbicaRA kurang jelas: Orang yang terserang stroke akan kesulitan berbicara. Bicaranya terkesan seperti kumur-kumur, seolah ada air di dalam mulutnya.
  • Badan terasa KEbas: Gejala yang satu ini hanya bisa dirasakan penderitanya, tanpa orang lain bisa lihat dari fisiknya. Jadi, gejala satu ini penting untuk kamu dan orang sekitarmu ketahui. Jika badan tiba-tiba terasa kebas dan kesemutan, bisa jadi itu pertanda stroke sesaat.
  • Mata Rabun: Berbeda dengan mata kabur karena butuh kacamata, rabun akibat stroke ini terjadi secara tiba-tiba. Pasien akan merasa pandangannya kabur mendadak.
  • Sakit kepala: Saat mengalami serangan stroke, pasien bisa merasakan sakit kepala yang sangat dahsyat. Rasa sakit yang belum pernah dialami sebelumnya.

Ketika gejala-gejala di atas hanya dialami beberapa saat saja, jangan abaikan. Sesuai dengan singkatannya, maka kamu harus segera ke RS! Di rumah sakit nanti, pasien akan segera mendapat pertolongan dari pihak medis, sehingga serangan stroke yang lebih besar bisa terhindarkan!

Fakot yang Meningkatkan Risiko Stroke

Gejala Stroke Ringan Seperti Apa-03

Selain gejalanya, kamu juga perlu ketahui cara untuk mengantisipasi terjadinya serangan stroke. Ada juga mitos yang mengatakan kalau stroke itu ibarat lotere. Siapa saja bisa mendapatkannya jadi sebaiknya pasrah saja.

Betul kalau stroke bisa menyerang siapa saja. Tapi kita tidak boleh pasrah, sebab jika tau penyebabnya, tentu kita juga bisa menghindarinya.

Faktor penyebab serangan stroke antara lain, hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi, diabetes, kebiasaan merokok, serta minum alkohol berlebihan. Untuk menghindari serangan stroke, tentu hal-hal ini wajib kamu hindari.

Lindungi kesehatan kamu dan keluarga dengan Dr.Laser, teknologi yang mampu menjaga dari serangan stroke. Dr.Laser mampu memperbaiki kualitas darah, sehingga kita bisa terhindar dari berbagai penyakit mematikan yang ada. Pelajari Dr.Laser dari sekarang, klik link di bawah ini!

Baca Juga: Apa Saja Makanan Penyebab Stroke dan Makanan Pencegah Stroke

Referensi:

NHS. Transient ischaemic attack (TIA), diakses pada 27 September 2021. https://www.nhs.uk/conditions/transient-ischaemic-attack-tia/

Kemenkes RI. Kenali slogan ‘SeGeRa Ke RS’ untuk mengetahui gejala dan tanda-tanda Stroke, diakses pada 27 September 2021. http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stroke/kenali-slogan-segera-ke-rs-untuk-mengetahui-gejala-dan-tanda-tanda-stroke

Health Detik. Fakta di Balik 5 Mitos Stroke yang Masih Banyak Dipercaya, diakses pada 27 September 2021. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4274072/fakta-di-balik-5-mitos-stroke-yang-masih-banyak-dipercaya

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp