Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Ini 11 Makanan untuk Penderita Diabetes. Catat Daftarnya!

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Mengetahui daftar makanan untuk penderita diabetes adalah hal yang wajib diketahui oleh penderitanya dan keluarga. Menjaga pola makanan merupakan hal yang wajib dilakukan, sebab makan yang sembarangan bisa membuat diabetes semakin parah.

Bahkan jika terus dibiarkan, diabetes bisa mengakibatkan sejumlah komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, bahkan gagal ginjal yang menjadi bekal menjemput ajal. Tentu hal ini tak ingin terjadi, kan?

Untuk itu, kamu perlu mulai menjaga pola makan, guna kontrol gula darah dan terhindar dari faktor-faktor risikonya. Di bawah ini Gogomall sudah rangkum 10 daftar makanan untuk penderita diabetes atau untuk mencegah penyakit ini menghampiri.

1. Ikan berlemak

Makanan untuk penderita diabetes (2)

Penderita diabetes berisiko mengalami serangan jantung dan stroke, sehingga wajib menjaga kesehatan jantungnya. Untuk itu, penderita diabetes perlu konsumsi ikan berlemak seperti salmon, sarden, teri, dan ikan kembung. Jenis ikan ini memiliki sumber lemak dan omega 3 DHA dan EPA tinggi, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

DHA dan EPA sendiri memiliki fungsi melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan mampu meningkatkan fungsi arteri.

Dilansir dari healthline.com, sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi ikan berlemak akan menurunkan risiko serangan jantung dan membantu menurunkan gula darah. Protein yang tinggi pada ikan membantu kita cepat kenyang, jarang ngemil, sehingga gula darah bisa lebih stabil.

Baca Juga: 10 Daftar Buah Untuk Diabetes Aman Dikonsumsi

smartchef

2. Sayuran berwarna hijau

Makanan untuk penderita diabetes (8)

Tahukah kamu? Sayuran yang daunnya hijau ternyata bergizi tinggi dan kalori rendah. Contohnya sawi hijau, bayam, kangkung, dan daun singkong, memiliki kadar karbohidrat yang rendah, bahkan bisa diserap oleh tubuh secara maksimal, sehingga konsumsi sayuran hijau tidak akan mempengaruhi kadar gula secara signifikan.

Sayuran ini juga merupakan sumber mineral dan berbagai vitamin, termasuk vitamin C. Umumnya penderita diabetes memiliki kadar vitamin C lebih rendah sehingga butuh asupan yang lebih besar. Untuk itu, penderita diabetes perlu konsumsi sayuran berwarna hijau agar asupan vitamin C terpenuhi.

3. Alpukat

Makanan untuk penderita diabetes (1)

Teksturnya yang lembut membuat si hijau ini lezat saat masuk mulut. Mampu membuat perut cepat kenyang, ternyata alpukat hanya memiliki kandungan gula kurang dari 1 gram, lho! Kadar karbohidratnya juga rendah dan seratnya tinggi. Kandungannya yang sehat membuat alpukat menjadi camilan sehat untuk penderita diabetes.

Tapi ingat. Untuk penderita diabetes, sebaiknya konsumsi alpukat yang polos saja, ya! Jangan tambahkan gula apalagi kental manis. Supaya kandungan alpukat tetap alami dan tak berbahaya bagi penderita diabetes.

4. Telur

Makanan untuk penderita diabetes (3)

Rasanya hampir semua orang mulai dari yang muda hingga tua suka konsumsi telur, kan? Selain rasanya nikmat dan bisa diolah jadi berbagai jenis masakan, ternyata telur punya banyak manfaat, lho. Telur mampu mengurangi peradangan, merangsang sensitivitas insulin, dan meningkatkan produksi kadar kolesterol baik (HDL) di tubuh kita.

Menurut penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition, sarapan telur dapat membantu penderita diabetes untuk mengelola kadar gula darahnya sepanjang hari, karena telur memiliki kandungan lemak yang tinggi dan rendah karbohidrat.

5. Biji Chia

Makanan untuk penderita diabetes (5)

Biji Chia memiliki berbagai kandungan yang sehat, mulai dari karbohidrat, protein, serat, hingga Omega 3 dan Omega 6. Chia ini mampu mencegah kadar gula berlebih dalam tubuh sehingga bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Cara mengolah Biji Chia yang tepat adalah, rendam selama beberapa menit hingga teksturnya berubah seperti gel. Setelah itu campurkan ke makanan dan minuman, seperti salad, jus, atau puding.

Baca Juga: Apakah Benar Penyakit Diabetes Dapat Menular

smartchef

6. Kacang-kacangan

Makanan untuk penderita diabetes (10)

Siapa yang doyan ngemil kacang? Ternyata selain rasanya enak, kacang juga bergizi dan sehat. Di dalamnya terkandung banyak vitamin B, mineral berisi kalsium, kalium, dan magnesium, serta serat.

Jenis kacang yang bisa kamu pilih antara lain, kacang tanah, kenari, almond, serta mete. Meski sehat, kamu tetap harus kontrol konsumsi kacang, ya. Jangan makan dalam jumlah berlebih dan hindari olahan kacang yang diasinkan atau dimaniskan.

7. Greek Yogurt

Makanan untuk penderita diabetes (4)

Greek Yogurt mengandung kalsium, lemak baik, dan protein yang tinggi sehingga membantu kenyang lebih lama. Dibanding yoghurt biasa, kandungan karbohidrat pada Greek Yoghurt lebih rendah 6-8 gram per porsinya.

Dengan protein yang cukup, nafsu untuk makan yang lain tentu akan berkurang sehingga asupan kalori dan gula bisa dikontrol.

8. Brokoli

Makanan untuk penderita diabetes (7)

Coba sebutkan sayur-sayuran kesukaanmu. Apakah brokoli termasuk di dalamnya? Kalau iya, selamat! Brokoli kesukaanmu ini adalah salah satu jenis sayur yang paling bergizi. Seporsi makan brokoli hanya mengandung 27 kalori dan 3 gram karbohidrat. Brokoli juga mengandung sulforaphane, bahan kimia alami dalam sayur yang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

9. Stroberi

Makanan untuk penderita diabetes (6)

Stroberi baik untuk dikonsumsi penderita diabetes, sebab buah ini mampu meningkatkan sensitivitas insulin yang membuat tubuh bisa mengatur kadar gula dengan lebih baik. Sebaiknya, konsumsi stroberi yang masih segar dan tak perlu diolah. Hindari menambahkan gula, susu, apalagi pemanis buatan. Kamu bisa konsumsi dengan cara dijus, tapi usahakan tidak menambahkan apa-apa di dalamnya, ya!

10. Mie shirataki

Makanan untuk penderita diabetes (9)

Shirataki berasal dari akar tumbuhan konjak. Mie jenis ini kaya akan glukomanan, jenis serat kental yang membantu kita kenyang lebih lama. Satu porsi mie shirataki atau setara dengan 100 gram hanya mengandung 3 gram karbohidrat dan 10 kalori saja.

Tentu mie jenis ini sangat sehat dan cocok untuk penderita diabetes. Penderita diabetes tidak dilarang makan mie, asalkan jenis mie-nya tepat dan sehat.

11. Nasi rendah karbo dengan Smartchef

Penderita diabetes wajib mengontrol karbohidrat yang masuk ke tubuhnya. Salah satunya adalah dengan mengurangi porsi nasi yang tinggi karbohidrat. Mengurangi porsi nasi pastilah sulit. Apalagi Indonesia punya berbagai jenis nasi yang lezat banget. Mulai dari nasi liwet, nasi bakar, nasi kuning, nasi uduk, nasi daun jeruk, sampai nasi daun kecombrang.

Daripada mengurangi porsinya, mending kurangi kadar karbonya. Caranya adalah dengan mengubah cara masak nasinya dengan menggunakan Smartchef. Masak nasi dengan Smartchef bisa menurunkan kadar karbo hingga 54.4%.

Dengan teknologi pressure steam dan fuzzy logic yang bisa mengatur suhu tepat, konstan, dan memisahkan nasi dengan air sisa karbo berlebih, maka kadar gula pada nasi bisa turun. Nasi rendah karbo ala Smartchef ini cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes, atau siapa saja yang ingin mencegahnya.

Nah, itulah 11 jenis makanan untuk penderita diabetes yang aman untuk dikonsumsi. Konsumsi makanan di atas dan gunakan Smartchef untuk nasi rendah karbo, sehingga gula darah bisa dikontrol dan hidup akan lebih baik!

Baca Juga: Waspada, Kenali Ciri-Ciri Diabetes Sejak Awal

smartchef

Referensi:

Diabetes Diet, Eating, & Physical Activity, diakses pada 27 September 2021. https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/diet-eating-physical-activity

Diet for People Living with Diabetes: The Best Foods to Choose and More, diakses pada 27 September 2021. https://www.healthline.com/nutrition/16-best-foods-for-diabetics

What are the best foods for people with diabetes?, diakses pada pada 27 September 2021. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324416

Restricting carbohydrates at breakfast is sufficient to reduce 24-hour exposure to postprandial hyperglycemia and improve glycemic variability, diakses pada 10 Oktober 2021. https://academic.oup.com/ajcn/article/109/5/1302/5435774

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp