Ini Dia Pentingnya Diet Karbo Untuk Kesehatan

diet karbo - nasi merah

Anda sedang mendambakan tubuh ideal atau kesehatan prima? Mungkin saatnya Anda mempertimbangkan diet karbo sebagai solusi hidup sehat.

Diet karbo bertujuan membatasi asupan karbohidrat setiap hari. Namun, bukan berarti Anda tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Sebagai ganti dari karbohidrat yang berkurang maka Anda perlu menambahkan asupan makanan yang tinggi protein atau lemak sehat.

Manfaat Diet Karbo Bagi Tubuh

Sebenarnya fungsi karbohidrat baik untuk tubuh jika dikonsumsi dengan kadar yang seimbang. Karbohidrat memberikan energi pada tubuh. Tubuh akan menyimpan cadangan karbohidrat di otot dan hati sebagai cadangan energi. 

Masalahnya, bagi masyarakat Indonesia yang makanan pokoknya adalah nasi, konsumsi harian karbohidrat melebihi dari yang seharusnya. Akibatnya terjadi penumpukan lemak di tubuh yang menyebabkan seseorang menjadi lebih gemuk. Oleh sebab itu diet rendah karbohidrat menjadi salah satu cara yang baik untuk menjaga berat badan ataupun menurunkannya. 

Mengurangi Nafsu Makan

Tahukah Anda nasi sebenarnya justru membuat Anda mudah merasa lapar? 

Nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi yang artinya cepat menaikkan kadar gula darah. Jenis karbohidrat yang terdapat pada nasi tergolong molekul sederhana yang mudah dipecah menjadi partikel gula, membuat Anda merasa lapar lebih singkat.

Semakin banyak Anda mengkonsumsi karbo pada nasi, semakin besar juga nafsu makan Anda. Tentunya hal ini akan berimbas pada pola makan yang berlebihan. Akhirnya menyebabkan tumpukkan lemak di tubuh Anda. 

Ketika Anda ingin mengkonsumsi nasi ada baiknya memperhatikan kandungan karbo di dalamnya. Sangat dianjurkan dibarengi dengan makanan yang lain dengan porsi yang proporsional.

Menurunkan Berat Badan

Mengganti asupan karbohidrat dengan protein dan makanan tinggi lemak akan efektif membakar lemak. Agar terhindar dari efek samping pengurangan karbo berlebihan sebaiknya dilakukan dengan bertahap. Jika asupan karbohidrat dikurangi secara mendadak akan menimbulkan efek samping seperti kelelahan, bau mulut, sakit kepala, sembelit hingga diare. 

Diet karbo disarankan untuk menurunkan berat pada jangka pendek bukan jangka panjang. Tubuh akan kekurangan vitamin atau mineral akibat diet karbo yang berkepanjangan. Lebih dari itu jika dibiarkan akan meningkatkan risiko tulang keropos, risiko gangguan pencernaan, dan berbagai penyakit kronis. 

Agar terhindar dari hal – hal tersebut, menurunkan berat badan melalui diet karbo bisa dilakukan sembari minum air putih yang banyak dan tetap cukupi asupan karbohidrat sebesar 1 – 30 gram dari porsi makan. Pilihan karbo yang lebih sehat bisa kamu peroleh dari kentang, sayuran, biji bijian utuh, dan kacang – kacangan. 

Lemak Perut Lebih Cepat Berkurang

Memiliki perut ramping memang idaman hampir setiap orang. Manfaatnya selain memperindah penampilan juga baik untuk kesehatan tubuh. Perut yang sedikit lemak bisa menurunkan potensi terkena penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Anda perlu berhati – hati dengan lemak di perut. Menguranginya dengan diet karbo menjadi solusi alternatif untuk gaya hidup sehat Anda. 

Makanan olahan dan karbohidrat sederhana rentan mengalami akumulasi lemak dalam perut. Jika Anda rutin mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedikit dapat menghilangkan lemak perut yang membandel.

Saat Anda hendak memangkas asupan karbohidrat usahakan agar tetap menjaganya di bawah 40 persen dari porsi makanan harian Anda. Jika makan 1.800 kalori per hari, maka asupan karbohidrat harus di bawah 720 per harinya atau sekitar 180 gram karbohidrat. 

Peningkatan Kadar Kolesterol Baik

Menurut National Institutes of Health, diet rendah karbohidrat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam jangka panjang.  Diet rendah karbo cenderung menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Semakin tinggi kadar trigliserida, semakin tinggi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. 

Dengan peningkatan kadar kolesterol baik dalam darah akan membawa kelebihan kolesterol ke organ hati untuk kembali dipecah. Hal ini akan menurunkan risiko penyakit jantung dalam tubuh seseorang. 

Risiko penyakit jantung memang dilihat dari seberapa banyak partikel kolesterol jahat masuk ke aliran darah. Ukuran partikel kolesterol yang kecil akan semakin mudah masuk ke pembuluh darah. Nah, diet karbo mampu menghasilkan partikel kolesterol yang berukuran lebih besar. Dengan demikian Anda akan lebih terhindar dari penyakit jantung. 

Tingkat Gula Darah dan Insulin Rendah

Gula darah yang rendah membuat Anda aman dari risiko diabetes. Hal ini bisa dilakukan dengan diet rendah karbohidrat. Pada diet karbo ini lemak yang dianjurkan untuk dikonsumsi perlu lebih banyak dari biasanya. Namun lemak yang dikonsumsi adalah jenis lemak sehat yang tidak menyebabkan peningkatan pada low-density lipoprotein (LDL). 

Prinsip dari diet rendah karbo ini untuk menyediakan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tanpa menyebabkan gula darah melonjak tinggi. Jika dilakukan secara disiplin dan teratur, kadar gula dalam darah akan menjadi stabil. 

Menurunkan Tekanan Darah

Tahukah Anda bahwa tekanan darah yang tinggi dapat membuat pembuluh darah dan jantung Anda tegang? Anda mungkin tidak merasakannya tetapi risiko terkena serangan jantung dan stroke cukup besar pada orang dengan tekanan darah tinggi. Tidak hanya jantung, organ – organ vital lain juga terkena imbasnya karena aliran darah yang juga mengalir ke dalamnya. Untuk itulah sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga tekanan darah Anda normal.

Salah satu pemicu hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kelebihan berat badan. Seseorang yang berhasil menurunkan berat badan dengan diet karbo memiliki 50 persen kemungkinan untuk membalikkan tekanan darah yang tinggi menjadi normal tanpa obat. 

Dibarengi dengan menurunkan garam dan olahraga yang cukup maka tekanan darah yang tinggi bisa kembali turun dengan diet karbo yang benar. 

Mencegah Gangguan Otak di Masa Tua

Masa tua terbukti memberikan banyak pengaruh pada otak. Anda sering melihat orang di usia senja tidak lagi mengingat hal – hal sederhana dalam kehidupan. 

Untuk mengatasinya, menurut penelitian di Stony Brook University di New York, kerusakan otak akibat penuaan bisa dikurangi dengan pola makan yang baik seperti meminimalisir konsumsi karbohidrat sederhana. Diet rendah karbo akan membuat jaringan saraf otak lebih stabil.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak untuk memetabolisme glukosa secara efisien akan berkurang. Sehingga menyebabkan otak mudah merasa lapar dan jaringan otak menjadi tidak stabil. Mengikuti diet karbo dapat memberi energi yang lebih besar pada otak. 

Sejumlah manfaat diet karbo di atas akan semakin maksimal jika Anda memperhatikan cara memasak nasi yang rendah karbo. Anda perlu alat penanak nasi yang mampu menurunkan karbo pada nasi hingga 51 persen. 

Vitacook menawarkan Anda hampir di semua solusi diet karbo yang efektif. Alat penanak nasi ini bisa mencegah Anda dari berbagai penyakit akibat kelebihan karbohidrat seperti obesitas dan diabetes. 

Selain manfaat kesehatan, Vitacook memberikan Anda rasa yang lebih pulen pada berbagai jenis nasi Anda seperti nasi merah, nasi hitam, ataupun nasi putih favorit Anda. Anda bisa pelajari lebih lanjut tentang vitacook di halaman ini https://gogomall.co.id/vitacook/.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *