Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Ini Lho, Makanan Pantangan Diabetes. Wajib Dihindari!

makanan pantangan diabetes

Makanan pantangan diabetes sangat penting diketahui penderitanya atau orang yang berisiko mengalami diabetes. Diabetes sendiri merupakan kondisi di mana tubuh tidak mampu mengatu kadar gula di dalam darah, sehingga ada kecenderungan gula darah menjadi tinggi.

Penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikendalikan. Salah satunya adalah dengan mengontrol kadar gula yang dikonsumsi. Maka penderita diabetes sangat penting mengetahui asupan makanan dan minuman apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Lalu apa saja makanan pantangan diabetes? Tak perlu repot mencari ke sana kemari, karena Gogomall telah rangkumkan daftarnya untukmu! Baca artikel ini hingga selesai, ya.

Daftar Makanan Pantangan Diabetes

1. Yoghurt Dengan Berbagai Rasa

makanan pantangan diabetes - 2

Makanan pantangan diabetes yang pertama adalah yougurt dengan campuran rasa-rasa. Banyak yang bilang, yoghurt jauh lebih sehat dibanding es krim. Pernyataan ini tak sepenuhnya salah atau benar.

Tergantung jenis yoghurt dan es krim yang dibandingkan. Jika kamu menyuguhkan yoghurt rasa buah pada penderita diabetes, tentu merupakan hal yang salah.

Kenapa? Sebab 245 gram yoghurt rasa buah diperkirakan memiliki kandungan gula sekitar 31 gram, yang berarti hampir 61% kalori pada yoghurt buah berasal dari gula.

Penderita diabetes tidak dilarang konsumsi yoghurt, tapi pastikan jenisnya adalah Greek Yoghurt. Yoghurt ini punya kandungan kalsium, protein tinggi, serta lemak baik, sehingga bisa kenyang lebih lama. Kandungan karbohidratnya juga lebih rendah 6-8 gram dibanding yoghurt biasa.

Baca Juga: Daftar Menu Makanan Sehat, Rahasia Umur Panjang

smartchef

2. Buah yang Dikeringkan

makanan pantangan diabetes - 3

Buah punya berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Bisa menjaga imunitas. tubuh tetap bugar, memenuhi asupan nutrisi dan mineral, punya kandungan vitamin yang tinggi, bisa menjaga kesehatan kulit, dan lain sebagainya.

Tapi saat buah-buahan dikeringkan, kandungan airnya menghilang dan kadar gulanya menjadi lebih tinggi. Untuk itu sebaiknya penderita diabetes perlu menghindari buah-buahan yang dikeringkan dan sebaiknya konsumsi buah segar. Daftar buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes bisa kamu cek di sini.

3. Makanan Pantangan Diabetes yang Mengandung Lemak Trans

makanan pantangan diabetes - 4

Lemak trans mampu meningkatkan peradangan, insulin, serta lemak perut. Jenis makanan yang mengandung lemak trans antara lain, mentega putih, makanan cepat saji, produk roti seperti muffin, donat, kue kering, dan lain sebagainya yang mengandung margarin, krimer, keripik kentang, hingga pizza. Penderita diabetes wajib menghindari makanan-makanan yang disebutkan tadi.

4. Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Setelah masuk ke dalam tubuh, karbohidrat yang kita konsumsi akan berubah menjadi gula. Jika berlebihan, tentu besar risiko kita terkena diabetes. Apa saja makanan yang tinggi karbohidrat? Makanan ini sangat banyak tersedia di sekitar kita. Mulai dari roti putih, pasta, hingga nasi.

Makanan ini memiliki serat yang rendah, sehingga tak mampu membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam alirah darah. Itulah alasan kenapa karbohidrat mampu meningkatkan gula sehingga kurang baik untuk penderita diabetes.

Tapi bagaimana jika ada alat yang mampu menurunkan setengah kadar karbohidrat pada nasi? Tentu penderita diabetes bisa makan nasi dengan lebih tenang, kan? Sebab satu porsi nasi ini akan sama kadar karbonya dibandingkan nasi biasa. Apakah alat seperti itu ada? Jawabannya ada! Namanya adalah Smartchef Low Carb Pressure Cooker!

Sesuai dengan namanya, alat ini mampu menurunkan kadar karbo pada nasi hingga 54.4%. Sehingga nasi dengan Smartchef ini sehat dan lebih aman dikonsumsi penderita diabetes, atau orang-orang yang berisiko terkena diabetes.

Smartchef ini terdiri dari 2 wadah. Satu wadah untuk nasi satu lagi untuk air sisa masak nasinya yang mengandung karbo. Pembuktian turunnya kadar karbo pada nasi yang dimasak dengan Smartchef bisa kamu cek melalui video di bawah ini.

Baca Juga: Kenali Apa Saja Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

smartchef

Referensi:

11 Foods and Drinks to Avoid with Diabetes, diakses pada 18 Oktober 2021. https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-avoid-with-diabetes#Why-does-carb-intake-matter-for-people-with-diabetes

Berbagai Pantangan Diabetes yang Penting untuk Diketahui, diakses pada 18 Oktober 2021. https://www.alodokter.com/perhatikan-apa-saja-pantangan-diabetes

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp