Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Pantangan Syaraf Kejepit, Makanan yang Boleh dan Tidak

pantangan syaraf kejepit

Pantangan syaraf kejepit jadi hal yang penting untuk kita pelajari sejak dini. Bahkan sebisa mungkin untuk menghindari hal yang menjadi pemicu penyakit yang satu ini.

Syaraf menjadi komponen yang sangat penting dalam tubuh kita. Karena jika sampai terkena hal yang membahayakan atau istilahnya terjepit bisa berakibat fatal.

Anda pasti pernah mengalami mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Bahkan beberapa saat terasa kebas dan sensasi yang terasa pada punggung dan leher.

Sehingga rasanya akan terasa seperti terbakar. Namun hal seperti ini terjadi pada otot kita dan syaraf yang tidak berada pada posisinya. Maka dari itu untuk Anda yang sedang atau sering mengalami hal seperti ini jangan menyepelekannya.

Baca Juga: Atasi Rasa Nyeri Dengan Terapi Saraf Kejepit Mudah Dilakukan di Rumah

dr qyu lumbar

Ketahui Pantangan Syaraf Kejepit yang Perlu Kita Perhatikan

Nah kali ini kita akan membahasnya lebih jauh untuk meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Apalagi sekarang ini penyakit tidak hanya menyerang pada lanjut usia saja.

Pola hidup tidak sehat bahkan akan menjadi hal yang memicu untuk penderita syaraf kejepit ini. Maka dari itu simak beberapa hal berikut ini khusus untuk Anda yang membutuhkan informasi ini.

Pantangan Syaraf Kejepit, Olahraga Berat

Pertama kami akan memberikan pantangan yang berkaitan dengan olahraga. Meski kegiatan seperti ini akan baik untuk tubuh dan kesehatan, namun akan lebih baik jika para penderita penyakit ini tidak terlalu memaksakan otot.

Karena jika gerakan atau beban yang kita sengaja berikan pada tubuh maka akan membuat syaraf kaget. Sehingga kemungkinan untuk terjepit lagi akan meningkat, oleh karena itu perhatikan untuk memilih jenis olahraga.

Kita wajib tetap berolahraga, namun tetap pertimabgkan jenis apa yang Anda pilih. Jadi pastikan olahraga tersebut rutin dan memberikan kesehatan bukan malah menambah penyakit.

Mengangkat Beban Berat

Pantangan syaraf kejepit selanjutnya adalah memaksa untuk mengangkat berbagai beban berat. Maka untuk penderita penyakit ini kan lebih baik untuk mencari pekerjaan yang tidak berhubungan dengan angkat beban.

Karena jika tetap memaksanya otot pada tubuh akan terganggu. Bahkan justru bisa membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Pola Tidur

Selanjutnya perhatikan bagaimana pola tidur setiap harinya. Karena tidur terlalu larut malam akan membuat tubuh tidak sehat dan mengurangi kebugaran.

Tindakan seperti ini biasanya hanya disepelekan, apalagi untuk para kawula muda. Namun kembali lagi bahwa apa yang Anda tanam otomatis akan Anda tuai. Meski entah kapan namun tubuh akan menunjukan bukti nyatanya pada Anda.

Jadi usahakan untuk tidur dengan tepat waktu dan porsi yang ideal. Hal seperti ini akan membantu kita untuk tetap terus menjaga kesehatan bahkan sedari muda.

Pantangan Syaraf Kejepit Soal Makananya

Nah kali ini kita akan membahas mengenai makanan yang harus dihindari penderita syaraf kejepit. Karena tidak hanya pola hidup saja namun ternyata makanan yang akan masuk ke dalam tubuh sangat berpengaruh pada kesehatan. Maka simak berikut ini mengenai menu yang sebaiknya Anda hindari.

Pemanis Buatan

Pertama kami akan memberikan larangan untuk makanan yang mengandung pemanis buatan dalamnya. Karena makanan seperti ini memberikan kandungan nutrisi yang jauh sangat rendah. Hal seperti ini bahkan akan menjadi pemicu untuk penyakit seperti ini.

Makanan yang Mengandung Lemak

Selanjutnya sebaiknya Anda menghindari yang memberikan tubuh tambahan untuk asupan lemak. Karena tubuh akan bertambah kalori dan hal ini akan membuat peradangan pada sakit tubuh. Maka dari itu akan lebih baik penderita syaraf kejepit mengurangi makanan seperti ini.

Makanan Dengan Kandungan Gluten

Selanjutnya pantangan syaraf kejepit selanjutnya adalah gluten atau protein yang terdapat dalam beberapa makanan. Misalnya seperti gandum, rye dan barley yang pasti sering kita konsumsi.

Jika mengkonsumsi makanan seperti ini maka pada kandungannya akan membuat syaraf bereaksi. Bahkan terkadang kita tidak sadar makanan berbahan dasar seperti tepung, gandum dan masih banyak lagi. Maka perhatikan hal seperti ini untuk pemulihannya.

Baca Juga: 5 Jus Buah untuk Syaraf Kejepit

dr qyu lumbar

Referensi Makanan yang Baik Untuk Penderita Syaraf Kejepit

makanan yang baik untuk penderita syaraf kejepit

Setelah membahas pantangan syaraf kejepit untuk hal makanannya. Kali ini kami akan memberikan referensi untuk makanan yang baik untuk penderita syaraf kejepit yang sebaiknya Anda perhatikan. Jadi segera simak bahasan berikut ini khusus untuk Anda.

Sayuran Hijau

Pertama kami akan memberikan arahan Anda untuk mengkonsumsi sayuran hijau. Karena kandungan dalam sayuran seperti bayam, kangkung, brokoli bahkan kale dan banyak lagi akan memberikan khasiat kuat. Seperti membantu untuk meredakan rasa nyeri yang terjadi ketika syaraf tidak berada di posisinya.

Selain itu kita akan terbantu untuk terjadinya inflamasi. Biasanya terjadi pada tulang belakang setiap masing-masing orang, maka pastikan untuk memenuhi konsumsi sayuran hijau ini.

Buah-Buahan Segar

Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi makanan yang sudah pasti lezat namun tetap sehat. Seperti buah-buahan yang memiliki banyak sekali manfaat dalam tubuh kita masing-masing.

Contoh buah yang sehat untuk Anda adalah Pepaya, Jambu, Strawberry, Kiwi dan masih banyak lagi. Semua buah dengan kandungan vitamin C akan baik dalam membantu tubuh Anda segera bugar. Karena vitamin tersebut akan dengan baik masuk dalam tubuh masing-masing orang yang mengkonsumsinya.

Bahkan seperti tomat, jeruk juga paprika dan brokoli akan cocok untuk Anda. Karena beberapa buah dan sayur tersebut memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Makanan Dengan Kandungan Asam Lemak Omega 3

Pantangan syaraf kejepit yang berupa lemak yang biasanya terdapat pada mentega seperti tepung-tepungan tadi memang akan sebaiknya kita hindari saja. Namun untuk beberapa jenis makanan seperti ikan salmon, tuna, tofu, minyak zaitun dan masih banyak lagi akan cocok untuk membantu penderita syaraf kejepit.

Karena kandungan yang berada didalamnya akan membantu untuk meredakan terjadinya inflamasi seperti pad nutrisi sayuran hijau. Selain itu pada kandungan nutrisinya akan membantu untuk memperbaiki imunitas tubuh yang semakin baik lagi apalagi pada bagian syarafnya.

Makanan Dengan Antioksidan

Selanjutnya kami akan memberikan kandungan yang akan baik untuk tubuh penderita syaraf kejepit. Yaitu antioksidan yang terdapat dalam beberapa bahan makanan seperti kacang merah dan coklat hitam.

Ketika kandungan ini masuk dalam tubuh kita tentu saja akan membuatnya membantu dalam memperbaiki beberapa kerusakan. Antioksidan sendiri akan membantu berbagai penyakit dalam tubuh masing-masing.

Makanan Dengan Vitamin B12 dan Magnesium

Nah untuk penderita syaraf kejepit kami akan memberikan rekomendasi untuk rutin dalam mengkonsumsi beberapa makanan seperti telur, ikan dan susu. Karena kandungan dalam makanan sejenis ini akan membantu untuk kesehatan ada syaraf, otot bahkan tulang.

Selain vitamin B12 kami akan memberikan rekomendasi makanan baik yang memiliki kandungan magnesium seperti kacang kedelai. Karena hal ini akan membantu tubuh untuk semakin lebih sehat.

Makanan Dengan Sulfur

Selanjutnya sebaiknya Anda perbanyak untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan sulfur. Seperti yang terdapat dalam kol dan bunga kol, untuk membantu tubuh dalam perbaikan kolagennya.

Penyebab Syaraf Kejepit Sebenarnya Apa Sih?

pantangan syaraf kejepit-03

Nah kami telah membahas pantangan syaraf kejepit dan makanan yang sebaiknya Anda konsumsi. Namun kita belum membahas sebenarnya apa penyebabnya, maka simak berikut ini.

Biasanya hal yang menimpa pada orang dengan kondisi tulang belakang lemah. Karena itu ketika terjadi posisi tertentu seperti bersin, membungkuk atau ketika mengangkat akan membuat syaraf kejepit.

Selain itu beberapa orang yang dengan kondisi ini mengangkat beban berat. Bahkan terjadi gerakan refleks atau mendadak bisa membuatnya terkena hal seperti ini. Maka dari itu pastikan untuk menjaga keadaan agar selalu rileks.

Orang yang mengalami hal seperti ini sebaiknya memperhatikan beberapa pantangan tadi. Juga ingat untuk selalu mengurangi rokok yang membuat kerusakan pada banyak komponen tubuh.

Apakah Syaraf Kejepit Bisa Berbahaya?

Untuk terjadinya hal ini terdapat beberapa pertanyaan mengenai apakah bisa berbahaya. Jawabannya tentu saja bisa, karena ketika terjadi penumpukan cairan juga pembengkakan akan membuat kerusakan syaraf.

Setelah itu gejala tersebut akan membuat penderita merasakan sakit berlebih. Bahkan memerlukan tindakan medis yang segera untuk tidak terjadi hal yang membahayakan lebih lanjut. Misalnya ketika buang air besar ataupun kecil.

Perawatan Syaraf Kejepit

perawatan syaraf kejepit

Mengistirahatkan bagian yang terkena merupakan salah satu rekomendasi perawatan syaraf kejepit. Dengan membatasi aktivitas apa saja yang dapat memperburuk kondisi syaraf seperti mengangkat barang berat, kerja berat dll.

Anda mungkin akan membutuhkan belat apabila terkena syaraf kejepit di area sendi atau pergelangan. Penyanggah tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika digunakan. Berikut ini beberapa cara perawatan syaraf kejepit:

  • Istirahat yang cukup.
  • Hindari aktivitas berat atau mengangkat benda berat.
  • Lakukan terapi fisik, seperti latihan fisik untuk memperkokoh dan meregangkan otot-otot syaraf.
  • Gunakan obat anti nyeri seperti ibuprofen atau naproxen sodium. Pemberian obat hanya mengurangi rasa nyeri untuk sementara dan tidak mengobati.
  • Operasi. Apabila kondisi tidak kunjung membaik setelah perawatan yang dilakukan sebelumnya, operasi menjadi pilihan pengobatan syaraf kejepit. Jenis operasi akan bervariasi dilihat dari letak syaraf kejepitnya.

Saat ini ada alat kesehatan terapi pinggang dan syaraf kejepit yaitu Dr Qyu Lumbar. Dengan teknologi 4-in-1 sepertti heating, vibration massage, dynamic traction, dan medical magnet, yang bermanfaat untuk merelaksasi otot-otot dan memperlancar aliran darah.

Tidak hanya itu, Dr Qyu Lumbar efektif mempernaiki bantalan tulang belakang yang keluar, yang merupakan penyebab syaraf kejepit. Untuk lebih lengkapnya bisa klik banner dibawah ini.

Baca Juga: Cara Pemakaian Dr Qyu Lumbar Traction Device

dr qyu lumbar

Pantangan syaraf kejepit yang kita bahas tersebut sebaiknya Anda perhatikan. Kuncinya segera benahi pola hidup sehat Anda dan perhatikan asupan makanan sehat pada setiap harinya.

Referensi:

Mayo Clinic. Pinched Nerve. Diakses pada 11 Oktober 2021. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pinched-nerve/symptoms-causes/syc-20354746

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp