Pengentalan Darah – Penyebab dan Cara Menghindarinya

pengentalan darah

Pengentalan darah atau yang dikenal dengan bahasa medis hiperkoagulabilitas sering sekali dialami banyak orang. Pertanyaannya adalah apa sih itu pengentalan darah? Pengentalan darah sebenarnya adalah proses dimana darah menggumpal guna menutup luka yang muncul pada permukaan tubuh manusia. Tetapi sering sekali banyak orang yang mengalami proses penggumpalan darah yang tidak normal.

Proses yang tidak normal dapat mengakibatkan banyak penyakit kesehatan yang muncul seperti penyakit jantung, stroke, gangguan ginjal dan banyak lagi. Dengan terjadinya pengentalan darah, aliran darah dapat tersumbat dan menimbulkan penyakit tersebut. Pertanyaannya adalah apa saja penyebab dan cara menghindari terjadinya pengentalan darah pada tubuh kita? Yuk disimak beberapa penjelasannya berikut ini.

Penyebab Pengentalan Darah

1. Faktor Keturunan atau Genetik

Hal yang paling sering kali menjadi penyebab terjadinya pengentalan darah adalah faktor keturunan atau genetik. Anda dapat bertanya kepada keluarga anda apakah ada dari keluarga anda yang mempunyai riwayat pengentalan darah. Jika salah satu dari keluarga anda terutama orang tua anda memiliki riwayat pengentalan darah bisa dipastikan hal itu yang mendasari mengapa anda mengalami penyakit pengentalan darah.

2. Gaya Hidup Tidak Sehat

Faktor kedua yang sering menjadi alasan terbesar adalah gaya hidup yang tidak sehat. Jika anda adalah perokok berat, tidak pernah berolahraga, dan makan makanan yang tidak sehat seperti junk food dan lain sebagainya bisa meningkatkan resiko terkena penyakit ini.

3. Pengaruh Obat Obatan

Hal yang dapat mempengaruhi juga adalah jika anda sedang mengkonsumsi obat secara rutin seperti pil KB, tamoxifen, dan heparin. Obat tersebut dapat memicu darah mengalami penggumpalan.

4. Kolestrol Tinggi

Jika anda adalah penderita hipertensi atau kolestrol tinggi, hal ini yang dapat memicu terjadinya proses penggumpalan darah. Kolestrol sering kali menjadi penyebab pembilih darah tersumbat. Disaat pembuluh darah tersumbat, darah menjadi tersumbat dan menggumpal pada pembuluh darah tersebut.

5. Obesitas

Faktor berikutnya adalah obesitas. Jika anda mengidap penyakit obesitas, cepatlah berusaha merubah gaya hidup anda menjadi yang lebih sehat. Obesitas sering kali menjadi sumber datangnya penyakit pada manusia salah satunya adalah penyakit penggumpalan darah.

Cara Menghindari Pengentalan Darah

Ada beberapa cara yang mudah anda lakukan untuk mencegah penggumpalan darah yang tidak normal pada tubuh anda. Yuk disimak berikut ini:

1. Memiliki Gaya Hidup Yang Sehat

Sering berolahraga, tidur yang cukup, mengindari makanan junk food, itu semua adalah beberapa hal yang termasuk gaya hidup yang sehat. Memiliki gaya hidup yang sehat sudah terbukti dapat mengurangi berbagai resiko penyakit datang ke tubuh anda. Jika seperti itu mengapa menunggu lama lagi untuk memulai gaya hidup yang sehat.

2. Minum Air Putih Yang Cukup

Selalu pastikan tubuh anda tidak mengalami dehidrasi. Selalu pastikan tubuh anda mendapat asupan cairan yang cukup. Cairan yang masuk pada tubuh anda membawa oksigen yang nantinya akan dibawa oleh darah menuju otak anda. Dengan itu kualitas darah menjadi sehat dan tubuh anda-pun otomatis akan lebih sehat.

3. Makan Makanan Pencegah Pengentalan Darah

Ada banyak makanan yang dapat mencegah terjadinya proses penggumpalan darah. Makanan ini memiliki sifat antikoagulan yang berfungsi mencegah darah menggumpal.

  • Kunyit
  • BawangPutih
  • Nanas
  • Almond
  • Jahe

Anda juga dapat membaca penjelasan obat pengencer darah dengan penjelasannya pada link berikut ini https://gogomall.co.id/blog/obat-pengencer-darah-jenis-dan-beragam-fungsinya/.

4. Menggunakan Stocking Kompresi

Stocking kompresi sering kali digunakan sebagai terapi untuk kesehatan pembuluh darah. Dan dikutip dari website https://www.alomedika.com/efektivitas-stoking-kompresi-pada-dvt fungsi utama dari stocking kompresi itu sendiri adalah memberikan tekanan pada pembuluh darah agar aliran darah dapat mengalir lebih lancar.

5. Terapi Laser

Salah satu teknologi yang sudah terbukti dapat mencegah dan meningkatkan kualitas darah kita adalah teknologi laser. Salah satu produk teknologi laser yang sudah terdaftar secara resmi dan sudah terbuktu adalah Dr Laser. Dr Laser sudah terbuktu dapat meningkatkan kualitas darah kita, dimana jika aliran darah kita mengalami masalah dapat muncul penyakit baru seperti jantung, stroke dan sebagainya. Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Dr Laser anda dapat mengunjungi halaman Dr Laser di https://gogomall.co.id/jamlaser/.

Itu dia beberapa hal penyebab terjadinya penyebab serta beberapa hal yang anda dapat lakukan untuk mencegah pengentalan darah terjadi pada tubuh anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *