Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Stroke Tangan dan Kaki Kiri, Beserta Cara Mendiagnosanya

stroke tangan dan kaki kiri - 1

Mungkin banyak disekitar kita menjumpai beberapa orang mengidap penyakit stroke tangan dan kaki kiri. Menurut organisasi kesehatan WHO, stroke adalah jenis penyakit yang tergolong sebagai sindrom dengan ditandai adanya defisit neurologis fokal serta global yang menyerang tubuh manusia secara mendadak.

Proses terjadinya serangan stroke sendiri berlangsung lebih dari 24 jam, dengan membawa reaksi ringan, sedang, hingga berat bahkan dapat menyebabkan kematian. Hal tersebut karena pada saat stroke menyerang, yang disebabkan oleh hipertensi jangka panjang, yang menyebabkan kelainan pembuluh darah serta peradangan sehingga terjadi vaskulopati serebral.

Baca Juga: Hemiparesis Adalah Salah Satu Gejala Stroke

Jenis Stroke Tangan Dan Kaki Kiri yang Wajib Anda Ketahui

Untuk membedakan jenis diagnosa pada penyakit stroke, jenis stroke sendiri dikelompokkan menjadi 3 bagian. Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenisnya.

1. Stroke Iskemik

Jenis stroke ini pada umumnya akan terjadi apabila arteri serebral sedang mengalami penyumbatan oleh pembentukan bertahap pada plak aterosklerotik atau disebabkan oleh pembekuan darah yang berasal dari jantung dan area vaskular yang lainnya. Umumnya serangan stroke yang sering terjadi berasal dari jenis ini, yaitu berkisar pada persentase 87%.

2. Stroke Hemoragik

Mungkin banyak yang menganggap remeh stroke tangan dan kaki kiri. Namun, bisa saja ini mengindikasikan seseorang mengalami jenis stroke hemoragik, Pada serangan stroke ini, terjadi apabila arteri yang berada di dalam otak pecah.

Sehingga mengakibatkan perdarahan intraserebral non traumatik sekitar 13% dan menyebabkan timbulnya darah pada ruang subarachnoid sekitar 3%. Jenis serangan stroke yang satu ini tergolong sangat berbahaya dan mengakibatkan komplikasi serius pada penderitanya.

3. Stroke Iskemik Transien

Serangan iskemik transien atau yang biasa disingkat sebagai TIA sangatlah berbeda dari jenis stroke iskemik biasa karena durasi gejala penyakit ini sangat pendek, dan hanya berlangsung beberapa menit saja.

Jika seseorang mengalami penyakit serangan stroke jenis TIA ini, biasanya akan mendapatkan stroke yang berat di masa depan. Stroke tangan dan kaki kiri misalnya. Menurut salah satu penelitian, penyakit stroke merupakan penyebab kematian yang paling banyak di beberapa negara, setelah penyakit kardiovaskular dan neoplasma.

Hampir sekitar 10-12% jumlah kematian yang disumbangkan oleh sebab serangan stroke yang biasanya menyerang lansia. Dengan kebanyakan penderita pria, dibandingkan wanita.

Seiring bertambahnya usia, seseorang akan jauh lebih rentan terserang penyakit stroke di usia rata-rata sekitar 80 tahunan. Bahkan, dewasa ini, telah banyak ditemukan penderita stroke yang berusia relatif muda yaitu sekitar 50 hingga 65 tahun.

Baca Juga: Gejala Stroke Ringan Seperti Apa Ini Penjelasan Transient Ischemic Attack TIA

Dr-Laser

Cara Melakukan Diagnosa

stroke tangan dan kaki kiri - 2

Salah satu penyakit stroke yang mengganggu adalah jika Anda mengidap penyakit stroke tangan dan kaki kiri. Pada saat mengalami beberapa gejala penyakit yang mengarah pada gangguan stroke entah ringan maupun berat, sebaiknya Anda segera menghubungi pusat bantuan kesehatan terdekat, untuk berkonsultasi dengan dokter.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar penyakit stroke yang Anda derita dapat segera tertangani dengan baik. Setelah sampai di rumah sakit, Anda akan diarahkan untuk menjalani serangkaian pemeriksaan seperti CT scan serta beberapa tes pendukung lainnya.

Berikut ini serangkaian tes yang harus Anda lakukan sehingga Anda betul-betul mengetahui penyakit stroke jenis apa yang sedang Anda derita sehingga dapat ditindaklanjuti dengan pertolongan medis yang tepat.

– Pemeriksaan Fisik

Jenis pemeriksaan ini merupakan sebuah serangkaian tes mengenai pemeriksaan detak jantung hingga tekanan darah Anda. Selain itu juga, Anda akan menjalani pemeriksaan neurologis agar dapat diketahui potensi stroke yang muncul serta mempengaruhi saraf Anda.

Jika terdapat beberapa gejala yang mengarah pada penyakit stroke tangan dan kaki kiri seharusnya Anda waspadai, sehingga pemeriksaan ini perlu untuk dilakukan.

– Melakukan Tes Darah

Menjalani berbagai pemeriksaan tes darah untuk mengetahui seberapa mudah darah Anda mengalami pembekuan darah. Juga dapat diketahui apakah gula darah Anda berada dalam posisi yang tinggi maupun rendah. Selain itu, dari pemeriksaan tes darah ini, akan disimpulkan apakah dalam tubuh Anda terdapat infeksi atau tidak.

– Pemindaian Tomografi

Melakukan serangkaian CT scan menggunakan sinar X-ray untuk membuat gambaran detail salah satu organ yang berhubungan langsung dengan sistem saraf manusia, yaitu otak. Pemeriksaan ini akan memberikan kesimpulan apakah terjadi pendarahan di otak, stroke iskemik, tumor, serta kondisi medis lainnya.

Baca Juga: Apa Saja Makanan Penyebab Stroke dan Makanan Pencegah Stroke

– Tes MRI (Magnetik Resonance Imaging)

MRI ini merupakan serangkaian tes yang menggunakan perpaduan gelombang radio serta magnet yang kuat agar dapat membuat tampilan otak secara mendetail. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi jaringan pada otak penderita stroke yang rusak akibat serangan penyakit stroke iskemik serta pendarahan yang mungkin terjadi pada otak.

– USG Karotis

Stroke tangan dan kaki kiri. Pada proses melakukan tes ini, gelombang suara akan membuat gambar yang detail pada bagian arteri karotis yang terletak di bagian leher Anda. Tes ini akan menunjukkan adanya penumpukan timbunan plak lemak yang menempel pada aliran darah di arteri karotis Anda.

– Angiogram Serebral

Meskipun tes yang satu ini tergolong jarang dilakukan oleh dokter, namun perlu diketahui bahwa teks ini merupakan proses tes untuk mengetahui gambaran rinci pada arteri di otak serta leher Anda.

– Echocardiogram

Tes Echocardiogram merupakan sebuah tes yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambaran detail pada jantung Anda. Dengan melakukan tes ini, dokter dapat menemukan sumber gumpalan pada jantung Anda yang bisa saja dapat berpindah dari jantung menuju otak Anda. Hal tersebut dapat memicu terjadinya serangan stroke pada tubuh Anda.

Setelah mengetahui betapa bahayanya penyakit stroke bagi tubuh manusia, setidaknya melakukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi, dapat membantu menurunkan resiko terserang penyakit stroke. Lakukan juga olahraga secara teratur, serta mengendalikan stress dengan baik agar Anda tetap hidup sehat.

Jika sudah terserang penyakit ini bisa dipastikan kondisi tubuh tidak akan pulih secara sempurna seperti sediakala. Selain itu juga risiko kehilangan fungsi salah satu pada organ tubuh yang tidak maksimal juga menjadi sebuah konsekuensi bagi seseorang yang telah terdiagnosa mengalami penyakit stroke.

Apabila terjadi beberapa gejala yang mengarah pada stroke tangan dan kaki kiri, sebaiknya segera memeriksakan diri jangan sampai menunggu gejala yang lebih parah.

Perawatan Stroke Tangan dan Kaki Kiri

stroke tangan dan kaki kiri - 3

Untuk melakukan perawatan, perlu di ketahui jenis stroke yang di alami, karena setiap jenis stroke memiliki perawatan yang berbeda.

Perawatan pada stroke iskemik, di khususkan untuk mengembalikan aliran darah yang terhambat ke otak. Pada perawatan pasien stroke iskemik, dokter akan memberikan obat pengencer darah untuk memecah gumpalan darah yang menghambat aliran darah ke otak.

Pada pasien stroke hemoragik, perawatan di fokuskan untuk mengontrol pendarahan dan membatasi tekanan pada otak akibat adanya cairan berlebih. Untuk pengobatan dilihat dari penyebab utamanya. Apabila terjadi pendarahan yang cukup besar, dokter akan mengambil tindakan operasi, guna mengeluarkan darah dan meminimalisir tekanan pada otak.

Seiring perkembangan teknologi medis, tentunya ada banyak pilihan alternative perawatan stroke yang bisa di pilih, salah satunya Dr Laser.

Dengan menggunakan Dr Laser secara teratur 2 kali setiap hari, sudah membantu mengembalikan kualitas darah Anda. Sehingga terhindar dari serangan stroke, jantung, menurunkan kadar gula darah, dan hipertensi.

Untuk informasi lebih lengkapnya bisa klik banner dibawah ini.

Baca Juga: Gerakan Terapi Stroke Seperti Apa? Berikut Contohnya

Dr-Laser

Referensi:

Mayo Clinic. Stroke. Diakses pada 18 Oktober 2021. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stroke/diagnosis-treatment/drc-20350119

Physiopedia. Stroke: Hand Rehabilitation. Diakses pada 18 Oktober 2021. https://www.physio-pedia.com/Stroke:_Hand_Rehabilitation#cite_note-1

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp