Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Tanda-Tanda Diabetes yang Jarang Disadari dan Dirasakan

tanda-tanda diabetes

Bagaimana Anda mengetahui jika Anda menderita diabetes? Sebagian besar gejala awal berasal dari glukosa yang lebih tinggi dalam darah Anda. Tanda-tanda diabetes bisa sangat ringan. Hal ini membuat penderita tidak menyadarinya. Simak artikel berikut untuk mengetahui segalanya tentang diabetes apa yang akan dirasakan.

Inilah Tanda-Tanda Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

Tanda-tanda diabetes sangat bervariasi tergantung pada peningkatan gula darah. Beberapa orang yang menderita penyakit diabetes atau diabetes tipe 2 seringkali tidak mengalami gejala. Sedangkan diabetes tipe 1 cenderung datang lebih cepat dan parah. Simak tanda yang akan dialami diabetes tipe 1 dan tipe 2.

  • Sering buang air kecil.
  • Penurunan berat badan.
  • Rasa lapar yang ekstrem.
  • Rasa haus meningkat.
  • Sifat lekas marah.
  • Kehadiran keton dalam urine (keton merupakan produk sampingan dari pemecahan otot serta lemak yang terjadi saat insulin yang tersedia).
  • Penglihatan kabur.
  • Terjadinya Infeksi.
  • Kelelahan.
  • Luka yang sembuh dengan lambat.

Baca Juga: Apakah Benar Penyakit Diabetes Dapat Menular?

Dr-Laser

Diabetes tipe 1 bisa terjadi untuk usia berapapun walaupun sering muncul pada masa anak-anak atau remaja. Sedangkan diabetes tipe 2 lebih umum serta berkembang pada usia berapapun tetapi sering terjadi pada orang yang memiliki umur di atas 40 tahun.

Jenis Diabetes

tanda-tanda diabetes - 3

Setelah mengetahui tanda-tanda diabetes, Anda perlu mengetahui jenis diabetes.

Diabetes Tipe 1

Diabetes ini merupakan penyakit autoimun yang artinya tubuh akan menyerang dirinya sendiri. Dalam hal ini, sel penghasil insulin pada pankreas akan dihancurkan. Maka dari itu, 10% orang yang menderita diabetes ini diagnosis pada anak-anak dan dewasa.

Dulu diabetes ini dikenal sebagai diabetes remaja. Orang yang mengalami diabetes tipe 1 perlu mengambil insulin setiap hari. Sebab itulah juga sering disebut diabetes tergantung insulin.

Diabetes Tipe 2

Diabetes ini, tubuh Anda tidak bisa membuat insulin atau sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak merespon insulin secara normal. Penderita diabetes hingga 95 persen yang memiliki tipe 2.

Biasanya sering terjadi pada orang yang lebih tua atau paruh baya. Diabetes ini sering disebut diabetes onset dewasa serta diabetes insulin. Orang tua mungkin menyebutnya dengan memiliki sentuhan gula.

Pradiabetes (Tanda-tanda diabetes)

Pradiabetes merupakan tahapan sebelum diabetes tipe 2. Dengan kadar gula darah lebih tinggi dari normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk secara resmi akan didiagnosis dengan diabetes tipe 2.

Gestational Diabetes

Gestational diabetes berkembang pada beberapa wanita selama kehamilan. Diabetes ini akan menghilang setelah kehamilan. Anda sangat berisiko terkena diabetes tipe 2 jika mempunyai diabetes gestasional.

Jenis Diabetes yang Tidak Umum

Seperti tanda-tanda diabetes, jenis diabetes ini jarang disadari oleh banyak orang.

Diabetes Terkait Fibrosis Kistik

Diabetes ini merupakan bentuk diabetes khusus untuk orang dengan penyakit ini.

Sindrom Diabetes Monogenic

Sindrom diabetes monogenetik merupakan bentuk diabetes bawaan yang langka bahkan terhitung 4% dari semua kasus. Misalnya diabetes neonatal serta diabetes onset maturitas pada usia muda.

Diabetes yang Disebabkan Oleh Bahan Kimia

Jenis ini terjadi setelah transplantasi organ terkait dengan penggunaan steroid glucocorticoid atau pengobatan HIV/AIDS.

Baca Juga: Waspada, Kenali Ciri-Ciri Diabetes Sejak Awal

Faktor Risiko Dari Tanda-tanda Diabetes

tanda-tanda diabetes - 2

Setelah memahami tanda-tanda diabetes semakin parah dan jenisnya, Anda perlu memahami risiko dari diabetes. Seperti yang kita ketahui diabetes ada 2 tipe dan faktor risikonya juga berbeda. Berikut ini faktor diabetes tipe 1 dan 2.

Faktor Risiko Tanda-tanda Diabetes Tipe 1

Sejarah keluarga. Risiko Anda akan meningkat jika orang tua atau saudara kandung menderita diabetes tipe 1. Bisa dikatakan diabetes Tipe 1 ini merupakan keturunan.

Adanya sel sistem imun yang rusak. Terkadang anggota keluarga yang menderita diabetes tipe 1 akan diuji untuk mengetahui keberadaan autoantibodi diabetes. Jika Anda memiliki autoantibodi ini, maka risiko terkena diabetes tipe 1 sangat mudah.

Faktor lingkungan. Keadaan lingkungan dengan keadaan paparan penyakit virus Ada kemungkinan besar peran diabetes tipe 1 di dalamnya.

Geografi. Negara tertentu memiliki tingkat diabetes tipe 1 yang tinggi seperti Swedia dan Finlandia.

Faktor Risiko Diabetes Tipe 2 dan Pradiabetes

Berat badan. Semakin banyak jaringan lemak yang dimiliki maka resisten sel terhadap insulin.

Sejarah keluarga. Risiko memiliki penyakit diabetes tipe 2 akan meningkat jika saudara kandung atau orang tua juga menderita penyakit ini.

Tidak aktif. Jika Anda tidak aktif, maka risiko akan semakin besar. Aktivitas fisik bisa membantu untuk mengontrol berat badan, menggunakan glukosa sebagai energy, serta membuat sel Anda lebih sensitif terhadap insulin.

Usia. risiko akan meningkat seiring bertambahnya usia. Hal ini terjadi karena Anda cenderung kurang berolahraga menambah berat badan serta kehilangan massa otot dengan bertambahnya usia. Tipe diabetes ini akan meningkat di kalangan anak-anak remaja serta dewasa.

Tekanan darah tinggi. Mempunyai tekanan darah lebih dari 140/90 terkait dengan peningkatan risiko diabetes.

Diabetes gestasional. Jika Anda menderita diabetes ini saat hamil, risiko terkena pra diabetes serta diabetes kedua akan meningkat. Jika Anda melahirkan dengan berat lebih dari 4 kg, Anda berisiko terkena diabetes tipe 2.

Faktor Risiko Diabetes Gestasional

Menurut usia. Wanita yang lebih tua dari usia 25 memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi.

Keluarga atau riwayat pribadi. Risiko akan meningkat jika Anda memiliki diabetes atau anggota keluarga menderita diabetes tipe 2.

Anda juga berisiko lebih besar jika sudah menderita diabetes gestasional selama kehamilan. Bayi yang dilahirkan sangat besar atau Anda mengalami kelahiran mati yang tidak bisa dijelaskan.

Berat. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko Anda terkena diabetes.

Ras atau etnis. Entah mengapa wanita berkulit hitam, Indian Amerika, Hispanik atau Asia Amerika lebih memungkinkan mengembangkan diabetes gestasional. Itulah tanda-tanda diabetes yang jarang diketahui.

Baca Juga: Kenali Apa Saja Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Cara Mencegah Risiko Tanda-tanda Diabetes

tanda-tanda diabetes - 4

Membuat perubahan gaya hidup menjadi langkah besar untuk pencegahan risiko diabetes. Pencegahan sangat di perlukan apabila Anda memiliki risiko diabetes tipe 2, atau orang dengan pradiabetes yang memiliki kadar gula tinggi, tetapi belum mencapai diagnosis diabetes. Dengan mengganti pola hidup sehat dapat mencegah bahkan menghentikan laju perkembangan penyakit.

Berikut ini Gogomall jabarkan pencegahan diabetes.

Hindari makanan manis dan makanan olahan. Mengkonsumsi makanan yang manis atau makanan olahan dapat meningkatkan gula darah dengan cepat dan dapat mengembangkan diabetes.

Untuk itu mulai saat ini, kurangi atau berhenti mengkonsumsi makanan manis dan makanan olahan untuk mencegah penyakit diabetes.

Menurunkan berat badan jika Anda obesitas. Untuk mencegah diabetes perlu adanya usaha untuk menurunkan berat badan, karena kelebihan lemah dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin, sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Meskipun dalam upaya menurunkan berat badan hanya mengurangi sedikit, tetapi membantu menurunkan risiko serta memiliki manfaat baik yang akan Anda terima. Semakin banyak berat badan yang turun, makan manfaat akan terlihat secara signifikan.

Lebih aktif bergerak. Berbeda dengan olahraga, aktif bergerak disini di maksudkan untuk menghentikan aktivitas yang berpotensi diam dengan waktu lama, seperti duduk di depan komputer.

Jika Anda dalam aktivitas sehari-hari banyak meluangkan waktu duduk didepan komputer, sebaiknya mulai saat ini luangkan waktu untuk peregangan, atau beberapa menit berdiri dan berjalan. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas ringan setiap 30 menit duduk didepan komputer.

Perbanyak minum air mineral. Air merupakan minuman alami yang ada di bumi, dapat di minum dan memiliki banyak manfaat.

Selain dapat menghilangkan dahaga, air juga dapat mengontrol kadar gula darah dan menjadikan respon insulin lebih baik lagi.

Menggunakan Dr Laser. Selain merubah gaya hidup, untuk mencegah diabetes diperlukan teknologi Dr Laser. Menggunakan teknologi sinar Low Level Laser yang dapat memperbaiki kualitas darah, membantu mencegah diabetes, serta mempercepat pemulihan pasca pengobatan stroke dan jantung.

Untuk informasi lengkapnya bisa klik banner dibawah ini.

Dr-Laser

Referensi:

Cleveland Clinic. Diabetes: An Overview. Diakses pada 21 Oktober 2021. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/7104-diabetes-mellitus-an-overview

Mayo Clinic. Diabetes. Diakses pada 21 Oktober 2021. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/symptoms-causes/syc-20371444

Mayo Clinic. Diabetes Prevention: 5 Tips for Taking Control. Diakses pada 21 Oktober 2021. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes/in-depth/diabetes-prevention/art-20047639

Healthline. 13 Ways to Prevent Type 2 Diabetes. Diakses pada 21 Oktober 2021. https://www.healthline.com/nutrition/prevent-diabetes

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp