Teknologi Modern Hidup Sehat Tanpa Obat

Tips Sehat

Waspada, Kenali Ciri-Ciri Diabetes Sejak Awal

ciri ciri diabetes

Kebanyakan kasus, penderita diabetes tidak menyadari sejak awal dirinya terkena diabetes. Mereka mengetahuinya ketika mengalami gejala yang sudah mengganggu aktivitas dan kadar gula sudah tinggi. Nah, Gogomall akan membagikan ciri-ciri atau gejala diabetes yang perlu diketahui.

Diabetes adalah penyakit dimana glukosa darah atau gula darah Anda terlalu tinggi. Glukosa berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Sebagian besar makanan ketika masuk kedalam tubuh akan dipecah menjadi gula (glukosa) dan dilepas ke aliran darah.

Glukosa sangat penting untuk kesehatan sebagai sumber energi bagi sel-sel otot dan jaringan Anda. Orang yang menderita diabetes, tubuhnya sudah tidak mampu membuat cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya.

Ketika tidak ada cukup insulin atau sel-sel sudah berhenti merespon insulin, akan menyebabkan gula darah menumpuk dan menetap di aliran darah. Seiring berjalannya waktu, hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius, seperti penyakit stroke, jantung, hipertensi dan penyakit ginjal.

Karena itu, pentingnya mendeteksi ciri-ciri atau gejala diabetes sejak dini untuk menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya tersebut.

Ciri-Ciri atau Gejala Diabetes Pada Umumnya

Seperti dijelaskan sebelumnya, penderita diabetes kadang tidak memperlihatkan ciri-ciri atau gejala jelas. Apabila Anda mengalami beberapa gejala dibawah ini, segera periksakan diri kedokter.

  • Intensitas buang air kecil meningkat, terutama pada malam hari
  • Dehidrasi, atau sering merasa cepat haus
  • Berat badan yang turun secara drastis tanda ada upaya diet
  • Mudah lelah atau cepat capek
  • Kemampuan penglihatan berkurang atau pandangan menjadi kabur
  • Sering mengalami mati rasa atau kesemutan di kaki dan tangan
  • Memiliki luka yang sulit untuk sembuh
  • Memiliki kulit kering

Ciri-ciri atau gejala diabetes dapat bervariasi tergantung jenis diabetes di derita. Seperti yang diketahui, diabetes dibagi menjadi 3 jenis, yaitu diabetes tipe 1, tipe 2 dan gestasional (diabetes selama kehamilan). Berikut ini gejalanya:

Gejala Diabetes Tipe 1

Orang dengan penderita diabetes tipe 1 mungkin akan mengalami mual, muntah atau sakit perut. Gejala dapat berkembang tiap minggu atau bulan dan dapat menjadi semakin parah apabila tidak ada upaya penanganan awal. Biasanya gejala ini di mulai ketika masih anak-anak, remaja atau di usia muda akan tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada usia lanjut.

Gejala Diabetes Tipe 2

Beberapa orang dengan diabetes tipe 2 mungkin tidak akan melihat gejala sama sekali. Karena diabetes tipe 2 membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Diabetes tipe 2 sering menyerang orang dewasa atau usia lanjut, tetapi beberapa kasus ditemukan banyak anak remaja yang mengembangkannya. Hal ini dikarenakan gaya hidup tidak sehat ketiak usia dini.

Karena gejala ini sulit dikenali, penting untuk memeriksakan diri ke dokter dan rutin memeriksakan kondisi kesehatan setiap sebulan sekali.

Gejala Diabetes Gestasional

Sama halnya dengan diabetes tipe 2, diabetes gestasional biasanya tidak menampakkan gejala secara pasti atau tidak ada gejala sama sekali. Dokter biasanya akan menguji untuk melihat diabetes gestasional antara 24 dan 28 minggu kehamilan. Pentingnya merubah pola hidup sehat untuk melindungi kesehatan Anda dan buah hati.

Itulah beberapa ciri-ciri atau gejala diabetes yang perlu Anda waspadai. Untuk saat ini memang belum ada obat untuk diabetes, akan tetapi menjaga berat badan, makan makanan sehat, dan aktif dapat membantu menurunkan kadar gula darah (glukosa).

dr laser

Bila perlu gunakan Dr Laser untuk meningkatkan kualitas darah Anda. Dr laser di klaim mampu menurunkan gula darah dengan cara merangsang sel tubuh (mitokondria) untuk mengubah gula darah menjadi energi, sehingga aliran darah menjadi lancar dan penderita diabetes menjadi lebih berenergi.

Untuk konsultasi dan pemesanan bisa klik banner diatas.

Baca Juga: Manfaat Dr Laser untuk Penderita Diabetes

Referensi:

Centers for Disease Control and Prevention. Di akses pada 31 Agustus 2021. www.cdc.gov/diabetes/basics/diabetes.html

Mayo Clinic. Di akses pada 31 Agustus 2021. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/symptoms-causes/syc-20371444

Share: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp