7 Pantangan Makanan Penderita Darah Kental!

Penderita darah kental memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami pembekuan darah yang berbahaya seperti trombosis, emboli paru, atau bahkan serangan jantung dan stroke. 

Guna menghindari kemungkinan mengidap kondisi kelainan tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan tidak mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan pengentalan darah. Simak info berikut ya!

 


Makanan Yang Tidak Dianjurkan Penderita Darah Kental

 

 

pantangan darah kental - daging

1 Daging

Bagi penderita darah kental, penting untuk memperhatikan asupan daging agar tidak terlalu berlebihan. Sebab, daging mengandung kolin yang mana satu porsi daging seberat 85 gram mengandung 115 mg kolin. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa kolin dapat meningkatkan produksi trimetilamina N-oksida (TMAO) yang berpotensi meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan jantung dan darah, disarankan untuk memilih sumber protein hewani lainnya atau mengonsumsi makanan sehat lainnya yang tidak mengandung kolin, seperti buah-buahan dan sayuran.

 

pantangan darah kental - telur

2 Telur

Telur tidak dianjurkan untuk penderita darah kental karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Kolesterol berlebih dalam darah dapat meningkatkan risiko terjadinya pembekuan darah dan masalah kesehatan jantung. Satu telur ayam mengandung sekitar 185 mg kolesterol, dan rekomendasi harian konsumsi kolesterol adalah 200-300 mg. Oleh karena itu, bagi penderita darah kental, konsumsi telur yang berlebihan dapat meningkatkan risiko risiko terjadinya pembekuan darah dan masalah kesehatan jantung lainnya.

 

pantangan darah kental - jeroan

3 Jeroan

Jeroan, seperti hati, ginjal, dan limpa, umumnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita darah kental. Hal ini dikarenakan jeroan memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.
Ketika purin dalam makanan diolah oleh tubuh, mereka diubah menjadi asam urat. Kelebihan asam urat dalam darah dapat mengkristal dan menumpuk di sendi, menyebabkan nyeri sendi dan serangan asam urat. Selain itu, kelebihan asam urat dalam darah juga dapat meningkatkan risiko terjadinya pembekuan darah dan masalah kesehatan jantung lainnya.

 

pantangan darah kental - bayam

4 Bayam

Penderita darah kental yang mengonsumsi obat antikoagulan seperti warfarin disarankan untuk menghindari konsumsi bayam secara berlebihan. Bayam mengandung vitamin K yang tinggi, dan obat antikoagulan bekerja dengan cara menghambat pembekuan darah termasuk faktor pendukungnya seperti vitamin K. Jika dikonsumsi berlebihan, bayam dapat mengganggu efektivitas obat antikoagulan dan meningkatkan risiko terjadinya pembekuan darah.

 

pantangan darah kental - tinggi gula

5 Makanan Tinggi Gula

Makanan dengan kandungan gula tinggi dapat meningkatkan risiko pengentalan darah. Saat kadar gula dalam darah naik, hal ini dapat mengganggu keseimbangan insulin dan gula darah yang berpotensi memicu pembekuan darah yang berbahaya. Oleh karena itu, sangat penting bagi penderita darah kental untuk menghindari atau membatasi konsumsi makanan yang mengandung gula tambahan seperti kue, permen, dan minuman manis untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan gula darah.

 

pantangan darah kental - makanan olahan

6 Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis dan nugget, dan makanan siap saji  umumnya mengandung banyak bahan tambahan, seperti garam, gula, dan bahan pengawet. Pada penderita darah kental, mengonsumsi makanan olahan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko pengentalan darah karena bahan-bahan tersebut dapat memicu peradangan dalam tubuh dan mengganggu keseimbangan cairan dalam darah. Oleh karena itu, sebaiknya penderita darah kental membatasi konsumsi makanan olahan dan lebih memilih makanan segar yang sehat dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

 

pantangan darah kental - alkohol

7 Alkohol

Konsumsi alkohol dengan intensitas tinggi juga menjadi salah satu makanan penyebab darah kental. Jika hal ini terjadi, kamu perlu segera mengurangi atau menghentikan kebiasaan tersebut. Jangan lupa juga untuk memperbanyak minum air putih setiap harinya. Selain itu, mengonsumsi banyak alkohol juga akan meningkatkan risiko penyakit hati atau liver.

Baca juga : Efektif! 5 Cara Untuk Mengatasi Darah Kental

Makanan Yang Baik Untuk Pengidap Darah Kental

Ada beberapa jenis makanan pengencer darah yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah penggumpalan darah, di antaranya:

Makanan baik untuk darah kental - ikan

1 Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengencerkan darah dan mengurangi risiko pembekuan. Pilihlah ikan laut seperti salmon, tuna, dan sarden sebagai pilihan makanan sehat Anda.

 

Makanan baik untuk darah kental - bawang putih

2 Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah. Tambahkan bawang putih ke dalam masakan atau konsumsi mentah sebagai tambahan pada salad atau sandwich.

 

Makanan baik untuk darah kental - buah

3 Buah-Buahan

Buah-buahan kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah. Buah-buahan yang direkomendasikan untuk penderita darah kental antara lain jeruk, anggur, stroberi, dan bluberi.

 

Makanan baik untuk darah kental - jahe

4 Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Konsumsi jahe segar atau tambahkan ke dalam teh atau masakan untuk meningkatkan kesehatan Anda.

 

Makanan baik untuk darah kental - teh hijau

5 Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu mengencerkan darah dan mengurangi risiko pembekuan. Konsumsi teh hijau secara teratur untuk kesehatan Anda.

 


Solusi Pemulihan Darah Kental

Bagi pengidap darah kental, selain mengatur pola makan perlu diimbangi juga pengonsumsian obat secara teratur dan melaksanakan pola hidup sehat . Mulai dari membiasakan diri untuk berolahraga ringan minimal 30 menit sehari, seperti jogging, bersepeda, senam dan sebagainya. Dan tidak kalah pentingnya adalah manajemen stress dan pastikan tidur yang cukup minimal 6-8 jam pada malam hari.

 

solusi darah kental - terapi Dr Laser

 

Pelengkap Pola Hidup Sehat Dengan Dr Laser

Dan sebagai pelengkapnya Anda juga bisa menggunakan Dr Laser, alat terapi yang menggabungkan teknologi laser dan titik akupuntur yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas darah sehingga peredaran darah pun lancar. Dr Laser terdaftar di KEMENKES RI dan telah banyak digunakan masyarakat Indonesia yang sudah terbukti aman digunakan setiap hari tanpa menimbulkan efek samping apapun. 


Ingin konsultasi mengenai darah kental atau lebih lanjut mengetahui tentang manfaat Dr Laser? Silakan klik banner di bawah ini ya!

banner dr laser

 

Add to cart